Komisi II akan RDP dengan Kemendagri-Bawaslu-KPU Pastikan Kesiapan Pilkada

Komisi II akan RDP dengan Kemendagri-Bawaslu-KPU Pastikan Kesiapan Pilkada
POLITIK » MAKASSAR | 4 Desember 2020 20:12 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Lima hari lagi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan dilaksanakan. Namun, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih meningkat.

Anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP, Johan Budi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat dengan Kemendagri, Bawaslu dan KPU untuk memastikan kesiapan Pilkada. Dia ingin Pilkada aman dari corona.

"Rencananya kami di komisi II akan RDP lagi untuk meyakinkan itu seperti apa sanggup apa enggak dalam pelaksanaan protokol Covid 19 itu, rencananya sama Kemendagri juga, kalau gak salah hari Senin atau Selasa, kita ingin memastikan lagi dengan perkembangan baru ini sejauh mana kesiapannya," ucapnya, Jumat (4/12).

Johan melanjutkan, pengawasan protokol kesehatan terhadap pelaksanaan Pilkada paling utama. Aturan harus ditegakkan jika ada yang melanggar.

"Memang belakangan ini ada peringkat penyebaran Covid, kalau dari baca berita penyebabnya adanya kerumunan yang pasti tidak menggunakan protokol kesehatan," ucapnya.

Johan menuturkan, dalam beberapa kali kunjungan komisi II ke beberapa daerah, persiapan protokol Covid 19 sudah menjadi perhatian utama dari KPU Bawaslu maupun pemerintah daerahnya itu. Misalnya, pengaturan jam nyoblos agar masyarakat tidak berkerumun di TPS.

"Misalnya ada warga yang mencoblos jam 7 sampai 8, kedua pembatasan terhadap TPS, kan maksimal 500, kalau di beberapa daerah sepertinya gak sampe 500 satu TPS," katanya.

Kemudian, kata Johan, ketika pencoblos hendak masuk TPS dan bersuhu di atas 37,5 derajat akan diarahkan ke bilik khusus. "Ini salah satu langkah yang dilakukan untuk mencegah prepare terjadinya penularan Covid-19," pungkas mantan Jubir KPK itu. (mdk/eko)

Baca juga:
Tokoh Lintas Agama di Sumut Doakan Pilkada Damai Bebas Covid-19
PAN: Kasus Covid-19 Lebih Tinggi di Daerah Tidak Melaksanakan Pilkada
Ganjar Siap Gelar Pemungutan Suara Pilkada 2020 di Tengah Lonjakan Covid-19
KPU Tak Paksa Pasien Covid-19 Kritis Gunakan Hak Pilih di Pilkada
Debat Ketiga Pilwali Makassar, Paslon 04 Singgung Perlindungan Pekerja Perempuan
Kapolda Kalsel Siapkan 4 Kompi Brimob, Pertebal Pengamanan Pilkada

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami