Kongres V di Bali, PDIP Undang Jokowi, JK, Ma'ruf hingga Prabowo

Kongres V di Bali, PDIP Undang Jokowi, JK, Ma'ruf hingga Prabowo
POLITIK | 1 Agustus 2019 14:13 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - PDI Perjuangan akan menyelenggarakan Kongres V pada 8-11 Agustus di Bali. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan sejumlah tokoh politik nasional diundang.

Hasto menuturkan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla termasuk undangan VVIP. Serta wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin.

"Yang kami undang adalah jajaran pemerintahan negara ada bapak Presiden dan bapak Wakil Presiden. Kemudian Wakil Presiden terpilih," ujarnya saat jumpa pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Hasto mengatakan, kabinet Gotong Royong era Presiden Megawati Soekarnoputri turut diundang. Namun, hanya representasi tidak semuanya. Tokoh agama dari NU, Muhammadiyah, KWI dan lainnya turut diundang. Tokoh budayawan juga diundang secara khusus sesuai dengan agenda Kongres.

PDIP juga mengundang mitra pengamat politik yang membantu berdialog terkait pembangunan partai. Serta tokoh senior partai dipastikan bakal hadir dalam Kongres.

Sementara itu, sebelumnya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengundang Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu beberapa waktu lalu. Hasto mengatakan, sudah jelas Prabowo menyatakan akan hadir. Selain Prabowo, ketua umum partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo juga diundang.

"Pak Prabowo ketika pertemuan bersama ibu Megawati Soekarnoputri sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir. Tentu saja para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja kami undang," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga mengatakan Kongres secara resmi mengundang 2047 pengurus tingkat daerah dan cabang dari ketua, sekretaris dan bendahara. Serta organisasi sayap partai, seperti Baitul Muslimin, Banteng Muda Indonesia. Eriko mengatakan perwakilan partai di luar negeri pun bakal hadir.

Eriko mengatakan, tamu VVIP, VIP yang diundang sebanyak 335 orang. Sementara, diperkirakan bakal mencapai 30.000 kader partai dari seluruh Indonesia akan hadir.

"Konfirmasi sampai tadi malam itu kurang lebih 15.345 orang. Ini kalau kita sebut penggembira, tetapi sebenarnya kader kita yang datang dengan biaya sendiri yang datang karena ingin meramaikan suasana Kongres ini sampai hari ini dalam pengalaman kami bisa dua kali lipat. 30 ribuan yang hadir," kata Eriko.

Eriko menjelaskan, dalam Kongres V tidak hanya agenda formal. PDIP juga memberikan hiburan. Penampilan artis PDIP Krisdayanti, juga pemutaran film oleh Rano Karno akan meramaikan Kongres V.

"Nanti ada di pantai matahari terbit di situ nanti ada dilakukan kegiatan yang menghibur. Begitu saat Kongres ada malam kebudayaan. Nanti akan disajikan dari Bali maupun wilayah Nusantara lainnya yang dibawa kader kami," kata Eriko. (mdk/eko)

Baca juga:false
Kongres V PDI Perjuangan Siap Digelar di Bali
Kongres V, PDIP Usung 'Tema Solid Bergerak untuk Indonesia Raya'
Kongres PDIP Diusulkan Bahas Penuntasan Kasus 27 Juli
Jelang Kongres V PDIP, Panitia Koordinasi dengan Polda Bali
Megawati Sebut Prabowo Bersedia Datang Diundang ke Kongres PDIP

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami