Kongres V PDIP di Bali Bakal Habiskan Rp17,6 M, Sumber Dana Gotong Royong Kader

POLITIK | 2 Agustus 2019 17:01 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Kongres PDIP ke V yang akan digelar di Pulau Bali dari tanggal 8 sampai 11 Agustus 2019 mendatang diperkirakan bakal menghabiskan dana sekitar Rp17,6 miliar. Dana itu bersumber dari gotong royong seluruh kader PDIP.

"Untuk pembiayaan secara gotong royong sudah disampaikan kurang lebih Rp17, 6 miliar yang sudah selesai dengan gotong royong dan sudah tuntas semua," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Denpasar, Bali, Jumat (2/8).

Pembukaan kongres akan dihadiri sekitar 2.200 peserta. Mulai dari para pejabat negara dari tingkat presiden hingga pejabat negara lainnya, serta para petinggi partai politik.

Di luar itu, PDIP juga menjaga suasana kerakyatan di kongres dengan hadirnya unsur penggembira dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini yang mendaftar sudah mencapai 15 ribuan orang.

"Peserta kongres yang terdiri dari utusan dan peninjau dan kami juga mengecek persiapan penginapan akomodasi dan transportasi sudah disiapkan dan ada (sebanyak) 1.200 kamar hotel yang tersebar (10 hotel)," ujar Djarot.

Sementara Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa PDIP sebagai partai yang menjalankan ideologi Pancasila dan intisarinya adalah gotong royong maka segala sesuatu dijalankan dengan gotong royong.

"Kami tekankan sebagai partai yang menjalankan ideologi Pancasila, intisari adalah gotong royong maka segala sesuatu dijalankan dengan gotong royong termasuk anggaran yang diperlukan penyelenggara kongres ini yang mencapai Rp 17,6 miliar itu, dengan diselesaikan dengan cara gotong royong," ujarnya.

Hasto juga menjelaskan, dalam kongres PDIP juga akan mengundang jajaran pemerintahan, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri kabinet kerja dan juga para pimpinan partai termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Juga para pimpinan partai politik koalisi Indonesia kerja juga kami undang dan secara khusus Bapak Prabowo juga kami undang oleh Ibu Megawati Soekarnoputri ketika pertemuan di Teuku Umar dan beliau juga akan hadir," ujar Hasto. (mdk/bal)

Baca juga:
Kongres PDIP V Penuh Budaya dan Tak Pakai Barang Plastik
DPD Bulat Dukung Megawati Kembali Pimpin PDIP
Kongres V PDI Perjuangan Siap Digelar di Bali
Kongres V di Bali, PDIP Undang Jokowi, JK, Ma'ruf hingga Prabowo
Soal Perubahan Struktur, Sekjen PDIP Sebut Kepengurusan Sudah Efisien
Kongres V, PDIP Usung 'Tema Solid Bergerak untuk Indonesia Raya'

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.