KPU Berharap Segera Ada Titik Temu Sepakati Jadwal Pemilu 2024

KPU Berharap Segera Ada Titik Temu Sepakati Jadwal Pemilu 2024
Gedung KPU. Merdeka.com/Dwi Narwoko
NEWS | 18 November 2021 18:04 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap pemangku kepentingan segera menemukan titik temu terkait jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. KPU memberi ruang kepada pihak-pihak terkait lainnya untuk memberi masukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Sampai hari ini rancangan dan konsep yang kami rumuskan masih pada 21 Februari 2024. Namun, kami tidak semata-mata soal tanggal, tetapi bagaimana agar seluruh tahapan itu diharapkan menjamin kualitas penyelenggaraan dan memberi satu ruang bagi para pihak berpartisipasi secara baik dan diharapkan dapat efektif implementasinya," ucap Komisioner KPU, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (18/11).

Ia menjelaskan tanggal itu dipilih oleh KPU setelah melakukan kajian. Utamanya pada aspek regulasi dan teknis penyelenggaraan.

"Aspek-aspek itu menjadi penting di mana KPU melakukan kajian secara mendalam dan kami juga berterima kasih telah mendapat masukan-masukan," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dewa menyampaikan KPU sebagai penyelenggara pemilu tetap bekerja sesuai dengan tugas, kewajiban, dan kewenangannya sebagaimana diatur oleh undang-undang.

"Posisi KPU, tentu kami memperhatikan apa yang menjadi peraturan perundang-undangan," tegas dia.

Dia berharap segera ditemukan kata mufakat mengenai tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024 dalam waktu.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, menegaskan dukungannya terhadap jadwal yang telah disusun oleh KPU.

"Berdasarkan ketentuan di dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, (secara) normatif sesungguhnya yang memiliki kewenangan menetapkan jadwal pemilu adalah Komisi Pemilihan Umum, dan secara hukum, jadwal tahapan pemilu harus dirumuskan melalui Peraturan KPU," katanya.

Menurutnya, tanggal yang diusulkan oleh KPU itu memberikan waktu yang cukup bagi penyelenggara menyelesaikan sengketa.

"Kalau pelaksanaannya bulan Mei sebagaimana usul dari pemerintah melalui pernyataan Pak Mahfud MD Menko Polhukam, kami khawatir sengketanya tidak selesai, kemudian proses pencalonan kepala daerahnya bermasalah," kata dia. (mdk/lia)

Baca juga:
Komisi II Sebut Pemerintah dan KPU Telah Sepakat Tanggal Pencoblosan Pemilu
Relawan Yakin Poros Airlangga Menang Lawan Prabowo-Puan
PDIP Sebut Jadwal Pemilu 2024 akan Diputuskan Desember
Pimpinan Komisi II DPR Sebut KPU Punya Otoritas Mutlak Tentukan Jadwal Pemilu
KPK sebut Banyak Politikus dan Kepala Daerah Mulai Sibuk Cari Dana untuk Pemilu 2024
Prediksi 3 Poros di 2024, Relawan Prabowo-Puan Yakin Kalahkan Kubu Airlangga

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami