KPU Koordinasi dengan Kemenkes Rumuskan Protokol Covid-19 untuk Pilkada 2020

KPU Koordinasi dengan Kemenkes Rumuskan Protokol Covid-19 untuk Pilkada 2020
POLITIK | 1 Juni 2020 08:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pilkada 2020 diputuskan digelar pada 9 Desember. Komisioner KPU Viryan Azis menyatakan kunci utama kelanjutan Pilkada 2020 adalah protokol Covid-19 pada setiap tahapan. Dia berharap insiden ratusan KPPS wafat pada Pemilu 2019 tidak terulang saat ini.

"Salah satu target penyelenggaraan pemilihan serentak adalah tidak ada pemilih, petugas dan peserta yang terpapar atau wafat akibat Covid-19. Peristiwa kelam wafatnya ratusan petugas pemilu 2019 menjadi pengalaman kemanusiaan yang tak boleh terulang," kata Viryan dalam keterangan tertulis, Senin (1/6).

Viryan menyebut KPU sedang intensif koordinasi dengan Gugas Tugas dan Kemenkes merumuskan protokol Covid-19 pada setiap tahapan. "Penyesuaian memerhatikan tiga hal, yaitu aspek regulasi, aspek teknis dan aspek sosialisasi atau edukasi," katanya.

Aspek regulasi menyangkut batasan penyesuaian yang tidak melampaui atau mengubah ketentuan UU Pemilihan. Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan, program dan jadwal sedang difinalisasi.

"KPU juga tengah mematangkan penyusunan Peraturan KPU tentang tata laksana pemilihan di masa Covid-19. Setiap tahapan ditelisik dan sebisa mungkin disesuaikan dengan pertimbangan utama mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Selain itu, UU Pemilihan memang menyebut keberadaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), namun tidak eksplisit menyebut kerja teknis harus door to door.

Sementara tahapan lain yakni tahap pencalonan, menurutnya, pencegahan Covid-19 dapat ditekan secara optimal. "Untuk physical distancing dengan membatasi proses pendaftaran bakal pasangan calon hingga penetapan pasangan calon,” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat (mdk/ray)

Baca juga:
Imbas Covid-19, Anggaran Pilkada Solo Membengkak Rp10,1 Miliar
Manuver Gibran di Tengah Pandemi
Tahapan Pilkada Solo Dimulai, KPU Akan Lantik 162 Anggota PPS
Demokrat Ungkap Alasan Persiapkan Denny Indrayana di Pilgub Kalsel
Kesiapan KPU Gelar Pilkada Saat Pandemi Diragukan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5