KPU Minta Ada Aturan Larang Ketua Satgas Covid-19 Daerah Pajang Gambar di Bansos

KPU Minta Ada Aturan Larang Ketua Satgas Covid-19 Daerah Pajang Gambar di Bansos
Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com
NEWS | 25 Juli 2020 13:33 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membuat aturan soal larangan bagi Ketua Satuan Tugas Covid-19 di daerah melakukan kampanye lewat bantuan sosial. Permintaan ini disampaikan mengingat banyak kandidat kepala daerah petahana menjabat sebagai Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 maju pada Pilkada 2020.

"Saya minta Kemendagri membuat aturan ketat terkait dengan ini," ujarnya dalam diskusi bertajuk Menghitung Kualitas Pilkada Saat Pandemi pada Sabtu (25/7).

Ilham menjelaskan, salah satu hal yang perlu dilarang oleh Mendagri adalah menyelipkan poster visi misi atau wajah kandidat kepala daerah petahana dalam bantuan sosial. Di tengah pandemi Covid-19 ini, Ketua Satgas Covid-19 daerah memang memiliki peluang cukup besar untuk membagikan bantuan sosial.

"Buat aturan menjelang Pilkada tidak boleh ada ditampilkan gambar atau visi misi apapun dalam pemberian bansos," ucap dia.

Ilham menambahkan, dia optimis Pilkada 2020 berjalan lancar dan aman. Mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh ini tak yakin partisipasi pemilih terjun bebas akibat pandemi Covid-19.

"Justru (pemilih) pada mau datang (ke TPS). Apalagi kalau pulang kampung ada Pilkada atau Pemilu, wah itu kondisi akan lain," katanya. (mdk/eko)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami