KPU Tetapkan Jadwal Pemilihan Wali Kota Surabaya pada September 2020

POLITIK | 13 Juni 2019 19:58 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Komisi pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya pada September 2020 mendatang. Bahkan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) itu, akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan Pilwali akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang masa kepemimpinan berakhir di tahun 2020. Namun, tanggal atau hari pastinya belum diketahui.

"Tanggalnya belum, tapi nanti akan kita tetapkan," kata Arief usai pelantikan anggota KPU se-Jawa Timur di Surabaya, Kamis (13/6).

Namun sebelum Pilwali digelar, KPU akan meluncurkan hari pemungutan suara yang rencananya dilaksanakan pada September 2019 ini. Launching itu digelar tepat dengan satu tahun jelang hari 'H' Pilkada atau Pilwali.

Soal tahapan pilkada, kata Arief, saat ini sedang disusun oleh timnya. Namun secara garis besar, di antaranya rencana program, rencana anggaran, kemudian menyusun detail tahapannya.

Dilanjutkan tahapan pemutakhiran data pemilih, penetapan peserta pemilu, distribusi logistik, kampanye sampai pemungutan suara.

"Karena pilkada serentak, tanggalnya sama, KPU akan membuat peraturan KPU tentang jadwal tahapan dan program. Nanti berdasarkan peraturan KPU itu, KPU kabupaten/kota akan menjalankan schedule-nya, kapan membuat rencana program, rencana anggaran, kemudian menyusun detail tahapannya," tegasnya.

Baca juga:
Mantan Jubir Khofifah dan Politikus PSI Diperkirakan Duet di Pilwali Surabaya 2020
PKB Ingatkan Fandi Utomo yang jadi Caleg dan Ingin Maju Pilwali Surabaya
AHY Dukung Menantu Soekarwo Maju Pilwalkot Surabaya 2020
Survei SSC, Whisnu Sakti dan Puti Guntur Tertinggi Gantikan Risma di Surabaya
Saat dilantik di Surabaya, Risma-Whisnu bakal diarak ke Grahadi
Risma-Whisnu ajak masyarakat bergandeng tangan majukan Surabaya
PDIP akan gandeng tokoh NU untuk menangkan Pilgub Jatim

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT