LPSK Siap Lindungi Saksi dan Korban Kasus Suap PAW Caleg PDIP

POLITIK | 19 Januari 2020 21:00 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo mengatakan dirinya siap untuk melindungi hak-hak saksi dan korban dalam kasus suap pergantian antar waktu (PAW) yang menjerat Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Wahyu Setiawan, Harun Masiku, sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina, dan swasta yang juga eks caleg PDIP bernama Saeful, sebagai tersangka.

"Kami LPSK berdasarkan kewenangan yang kami punyai, kami membuka kesempatan dan memberi peluang bagi siapa saja yang bersedia jadi saksi pelaku atau Justice Collaborator. LPSK siap memberikan perlindungan," kata Hasto dalam sebuah diskusi di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (1/19).

Hasto menjelaskan pihaknya mempunyai kewenangan dalam memberikan perlindungan kepada saksi atau korban yang mau bekerja sama dengan penegakan hukum atau Justice Collaborator (JC). Menurut dia, penegak hukum berwenang dalam menentukan seseorang sebagai saksi atau korban dalam suatu kasus.

"Namun, kalau kesaksian saksi itu tidak berdampak signifikan, maka LPSK tidak dapat memberikan perlindungan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Lalu Hasto juga menegaskan bahwa LPSK hanya bisa memberikan perlindungan untuk beberapa kasus saja. Misalnya tindak pidana terorisme, korupsi, narkotika, pelanggaran HAM masa lalu, kekerasan seksual pada perempuan serta penganiayaan oleh aparat.

"Tindak pidana lain di luar prioritas itu, tapi kemudian LPSK bisa memberikan perlindungan karena ada ancaman serius pada saksi atau korban," kata dia.

Sejauh ini, Hasto mengaku belum mendapat laporan ada saksi atau korban kasus Suap PAW Caleg PDIP yang meminta perlindungan. (mdk/cob)

Baca juga:
Tim Hukum PDIP: Harusnya KPU Patuhi MA, Suara Nazaruddin Untuk Harun Masiku
Adian Napitupulu: Jangan-jangan Harun Masiku Korban Iming-iming
Jika Diminta KPK, Kapolri Akan Minta Bantuan Interpol Buru Harun Masiku
Ketua KPK Firli Bahuri Yakin Harun Masiku Balik ke Indonesia
PDIP Konsultasi dengan Bareskrim Terkait Pemberitaan OTT Anggota KPU
Jokowi Tegaskan UU Baru Tak Bikin KPK Lemah: Buktinya OTT Bupati dan KPU

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.