Lukman Edy: Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 Sesuai Putusan MK dan MA

Lukman Edy: Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 Sesuai Putusan MK dan MA
jokowi dan maruf di tangerang. ©2019 Merdeka.com/liputan6.com
POLITIK | 9 Juli 2020 14:33 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Mantan Ketua Pansus UU Pemilu Lukman Edy menegaskan, Jokowi-Ma’ruf sah menang Pilpres 2019. Lukman mengatakan, kemenangan Jokowi pun telah sesuai dengan putusan MA.

Lukman mengomentari putusan MA mengabulkan gugatan sengketa Pilpres diajukan Rachmawati Soekarnoputri dan enam orang pemohon lainnya. Rachmawati menggugat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2019 Pasal 3 Ayat 7.

PKPU itu mengatur soal penetapan pemenang Pilpres. Majelis hakim MA menilai pasal tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang disadur dari UUD 1945.

Menurut Lukman, Jokowi-Ma’ruf menang secara dominasi maupun representasi. Hal itu sudah sesuai dengan putusan MK dan MA.

Lukman merinci, UUD NRI 45, pasal 6A pada prinsipnya telah mengamanatkan bahwa untuk menentukan calon presiden terpilih harus memenuhi 2 aspek, yaitu: aspek dominasi yang ditandai dengan kemenangan lebih dari 50 persen suara, dan aspek representasi yang menyatakan harus mendapatkan minimal 20 persen di setengah Provinsi di Indonesia.

"Kemenangan Jokowi-Amin sudah memenuhi kedua aspek tersebut dan ditetapkan oleh KPU sesuai perundang-undangan yang berlaku," kata Lukman di Jakarta, Kamis (9/7).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, tentang aspek dominasi untuk memperlihatkan bahwa presiden terpilih didukung oleh mayoritas penduduk Indonesia. Sedang aspek representasi untuk menunjukkan sebaran dukungan yang signifikan mewakili luasnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang beragam.

"Pak Jokowi sudah jelas mendapatkan dukungan dari mayoritas rakyat Indonesia, baik menurut jumlah maupun sebaran pemilih,” terang Lukman lagi.

Baca Selanjutnya: Menurutnya Undang Undang No 7...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami