Mahfud MD Harap Pemilu 2019 Buat Indeks Demokrasi Indonesia Naik

POLITIK | 12 Desember 2019 12:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud Md berharap Indeks Perkembangan Demokrasi Indonesia meningkat di tahun 2019. Dia menilai, perkembangan dua tahun terakhir, Indeks Perkembangan Demokrasi Indonesia menujukkan tren positif.

"Perkembangan demokrasi kita tidak jelek-jelek amat. Pada tahun 2017, indeks persepsi demokrasinya itu 72.18, pada tahun 2018 itu 72.39, jadi naik," kata Menko Mahfud saat membuka acara Kawal Pemilu 2020 di Gedung iNews, Jakarta Pusat, Kamis (12/12).

"Mudah-mudahan 2019 pemilu kemarin itu naik dan yang akan datang," harap dia.

Oleh karena itu, mantan Ketua MK ini mendorong agar publik ikut menjaga perhelatan pilkada 2020 agar dapat meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia.

"Meskipun ada yang bilang demokrasi kita ini kebablasan, demokrasi kita ini kampungan, demokrasi kita ini kriminal, ternyata indeksinya cukup. Tidak jelek meski enggak bagus-bagus amat. Nah kita berharap tahun 2019 bisa naik," Mahfud menandasi.

Reporter: M Radityo (mdk/ray)

Baca juga:
Mahfud MD Minta Semua Pihak Taati Putusan MK Soal Batas Waktu Eks Napi Maju Pilkada
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Diundang ke Mukernas ke-5 PPP
Jokowi Minta Mahfud MD Kawal Pengusutan Kasus Korupsi Besar dan Pelanggaran HAM
Jokowi Kantongi Nama Dewan Pengawas KPK, Mahfud Sebut Bakal Ada Kejutan
Apa Mungkin Koruptor di Indonesia Dihukum Mati?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.