Malam Ini, DPR Akan Langsung Tunjuk 5 Pimpinan KPK Baru

POLITIK | 12 September 2019 16:28 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Komisi III DPR tengah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK. Lima calon pimpinan telah melalui proses wawancara pada Rabu (11/9). Dilanjutkan lima calon pimpinan pada Kamis (12/9).

Anggota DPR Komisi III Masinton Pasaribu mengatakan, akan menunjuk langsung lima pimpinan KPK dari sepuluh usai uji kelayakan dan kepatutan. Dia memperkirakan lima pimpinan baru KPK bakal keluar malam ini.

"Kita akan tuntaskan lima dan kita akan pilih InsyaAllah, malam ini juga kalau waktunya cukup," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/9).

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan banyak penolakan terhadap sepuluh calon pimpinan yang tengah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dia mengungkapkan, beberapa hal yang dituding telah dikonfirmasi oleh Pansel selama proses berlangsung.

"Kemarin Pansel menyampaikan ke bahwa 10 nama-nama yang sudah sudah mengikuti proses seleksi dan uji kompetensi yang dilakukan oleh Tim Pansel dinyatakan clear," jelasnya.

Adapun lima calon pimpinan yang telah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan kemarin, adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Gufron, dan I Nyoman Wara. Sementara, yang tengah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan hari ini adalah, Alexander Mawarta, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.

Baca juga:
Kronologi Dugaan Pelanggaran Etik Irjen Firli di KPK hingga Ditarik Kapolri
Alexander Marwata: Tiga Pimpinan KPK Sepakat Kasus Firli Bahuri Disetop
Pimpinan KPK: DPR dan Pemerintah Diam-diam Berkonspirasi Melucuti Kewenangan
Di Uji Capim KPK, DPR Serang Alexander Marwata Soal Jumpa Pers Kasus Firli
Soal Firli Langgar Etik, Desmond Ibaratkan KPK Buang Barang Busuk ke DPR
Digugat Sjamsul Nursalim, Capim KPK dari BPK Jelaskan Cara Audit Kasus BLBI
Capim Nyoman Wara Tolak Tanggapi Revisi UU KPK

(mdk/fik)