Megawati akan Temui Jokowi Bahas Perubahan Nomenklatur

POLITIK | 1 Agustus 2019 16:31 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Kongres V tidak menutup bakal ada pembahasan nomenklatur kabinet bersama Presiden Joko Widodo. Hasto mengatakan, PDIP akan membisiki Jokowi terkait perubahan beberapa pos kementerian.

"Nanti di dalam pertemuan antara bu Megawati Soekarnoputri dengan pak Jokowi beberapa hal yang sifatnya penting dan strategis akan disampaikan kepada beliau," ujar Hasto dalam jumpa pers di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Hasto bicara dalam penyusunan nomenklatur dan struktur kabinet perlu melihat efektifitas dan membangun tata pemerintahan yang baik. PDIP menyarankan dua perubahan pada kabinet Presiden Joko Widodo periode berikutnya.

Hasto mengisyaratkan bakal menggabungkan kementerian perindustrian dengan kementerian perdagangan. Serta wacana untuk mengurangi kementerian koordinator (Kemenko) akan diubah menjadi tiga atau tetap dipertahankan empat seperti saat ini.

"Misalnya apakah Menperin mau digabung dengan Mendag itu akan kami jawab. Apakah Menko akan tetap empat atau tiga akan kami jawab," ucapnya.

Hasto mengatakan, PDIP akan membahas koordinasi dengan Jokowi di periode kedua karena presiden sudah menyatakan ingin bergerak cepat.

"Intinya kami juga memaknakan nawacita pak Jokowi terhadap perspektif ideologi tadi, dan juga dijabarkan dalam struktur partai," kata Hasto.

Hasto juga memberikan sinyal perubahan struktur partai akan menyesuaikan nomenklatur kabinet. Dia menjelaskan, PDIP memiliki struktur penting, bidang internal, dan bidang tempat partai aktif mengelola kebijakan dalam pemerintahan. Struktur kedua itu menyesuaikan struktur kabinet. Struktur partai itu akan mengkomunikasikan dengan pemerintahan langsung.

"Ini strukturnya menyesuaikan dengan struktur kabinet pak Jokowi. Karena itu kami bisik-bisik dulu nih dengan pak presiden, kira-kira gimana nih menkonya. Jumlahnya mau berapa," jelas Hasto. (mdk/rnd)

Baca juga:
NasDem Goda Risma, PDIP Tegaskan Tak Pernah Comot Kader Partai Lain
DPD Bulat Dukung Megawati Kembali Pimpin PDIP
PDIP Setuju Jaksa Agung dari Luar Partai Politik
Kongres V PDI Perjuangan Siap Digelar di Bali
Kongres V di Bali, PDIP Undang Jokowi, JK, Ma'ruf hingga Prabowo
Soal Perubahan Struktur, Sekjen PDIP Sebut Kepengurusan Sudah Efisien
Kongres V, PDIP Usung 'Tema Solid Bergerak untuk Indonesia Raya'

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.