Megawati: Bukan Bermaksud Sombong, Saya yang Membuat BMKG, BNPB, BNN, dan KPK

Megawati: Bukan Bermaksud Sombong, Saya yang Membuat BMKG, BNPB, BNN, dan KPK
Megawati Soekarnoputri. ©2018 Merdeka.com
NEWS | 29 Juli 2021 16:15 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan, menjadi tokoh yang berjasa mendirikan beberapa badan yang masih eksis hari ini. Yaitu BMKG, BNPB, BNN hingga KPK.

Hal ini disampaikan dalam Rakorbangnas BMKG 2021 secara daring. Mega hadir sebagai salah satu tokoh yang memberikan sambutan..

"Saya lah yang membuat BMKG, BNPB. Bukan Bermaksud untuk menyombongkan diri, BNN, KPK masih banyak lagi dan lain sebagainya," ujar Megawati, Kamis (29/7).

Ketua Umum PDIP ini awalnya menjelasakan mengapa hadir dalam Rakorbangnas BMKG. Ia merupakan tokoh yang melahirkan BMKG.

Megawati bercerita, kelahiran BMKG diawali saat ia masih menjadi wakil presiden dari Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Megawati ditugaskan Gus Dur untuk menangani konflik dan bencana alam.

"Jadi sedikit saja ketika saya menjadi wakil presiden saya ditugasi oleh presiden Abdurrahman Wahid untuk menangani pada waktu itu adalah bencana konflik dan bencana alam. Jadi tentunya karena penugasan dari presiden saya menyatakan siap," kata Megawati.

Kemudian, Megawati ketika itu minta ditunjukkan badan yang menangani bencana alam. Ia terkejut ketika itu hanya di bawah subdirektorat jenderal kementerian.

"Saya benar-benar merasa terkejut karena waktu itu tempat yang sekarang disebut BMKG berada di sub direktorat jenderal kalau sekarang kementerian perhubungan," ujarnya.

Megawati akhirnya melaporkan kepada Gus Dur. Jika hal ini tidak diubah, Megawati mengaku akan mengundurkan diri tugas menangani bencana. Karena prosesnya akan lambat.

"Jadi singkat, saya melaporkan hal ini kepada Presiden Abdurrahman Wahid dan saya mengatakan 'kalau ini tidak diubah, pak maka saya ingin mengundurkan diri dari tugas menjadi ketua penanggulangan bencana'. Saya ingat presiden Gus Dur bertanya 'mengapa demikian Bu' ya artinya yang saya harus hadapi adalah akan menjadi proses yang lambat," ujar Megawati. (mdk/ray)

Baca juga:
Kantor PDIP Lenteng Agung akan Diubah Jadi Sekolah Partai
Berpakaian Serba Hitam, Megawati Ajak Kader PDIP Renungkan Peristiwa Kudatuli
Megawati Perintahkan Gerak Kemanusiaan dan Jaga Lingkungan di Tengah Pandemi
VIDEO: Megawati Beri PR di Hari Anak Nasional, Dari Manakah Asal Kodok?
Potret Lawas Fatmawati Usai Melahirkan Megawati, Didampingi Langsung Bung Karno

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami