Megawati: Kepala Negara Harus Pegang Komando Saat Keadaan Darurat

Megawati: Kepala Negara Harus Pegang Komando Saat Keadaan Darurat
Megawati Bicara Potensi Gempa Besar di Jakarta. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 4 Agustus 2021 23:12 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk memegang langsung komando penanganan bencana. Kepada kadernya itu, Megawati bilang, sebagai kepala negara harus langsung memegang komando karena bencana merupakan kejadian luar biasa.

Hal itu diungkapkan saat Megawati menanyakan masalah di lapangan tak jelas siapa yang memegang komando ketika terjadi bencana. Megawati meminta presiden yang harus turun langsung ketika status tanggap darurat diberlakukan.

"Saya bilang sama pak Presiden, bapak yang namanya kepala negara RI yang harus langsung (pegang komando). Karena ini persoalannya adalah extraordinary," ujar Megawati dalam peluncuran Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi yang digelar DPP PDIP secara virtual, Rabu (4/8).

Lebih lanjut, Megawati menuturkan, menjadi kelemahan di lapangan ketika terjadi situasi darurat tidak jelas siapa yang memimpin penanganan.

"Inilah kelemahan kita, ketika bencana kejadian kan terjadi kelumpuhan," ucap Presiden Kelima RI ini.

Megawati pun menyinggung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Pemerintah sudah membentuk satuan tugas khusus yang menangani pandemi Covid-19. Namun fakta di lapangan, menurutnya, justru direcoki banyak pihak.

"Coba tolong dipikirkan. Saya mau ngomong ke Pak Jokowi siapakah yang harus pegang komando," ujar Megawati

"Sekarang kan satgas pandemi kan ada. Harusnya kan itu, ya sudah begitu. Tapi yang saya lihat di lapangan semua bisa dibilang jak-jakan," pungkasnya. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami