Megawati: Konsolidasi Ideologi Akhir-Akhir Ini Banyak Tantangan

Megawati: Konsolidasi Ideologi Akhir-Akhir Ini Banyak Tantangan
POLITIK | 17 Juli 2020 18:19 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan, konsolidasi ideologi partai mendapat banyak tantangan akhir-akhir ini. Meski banyak rintangan, Megawati meminta kadernya untuk tetap meyakini bahwa Pancasila sebagai jalan kebenaran.

Ini disampaikannya dalam acara pengumuman rekomendasi kepada 45 bakal pasangan calon Pilkada 2020 gelombang II secara virtual.

"Seperti yang saudara-saudara telah ketahui, Kongres ke-3 (PDI Perjuangan) telah mengamanatkan kepada saya bahwa Pilkada Serentak ini yang tentu saja telah berkali-kali kita lakukan tetap sebagai sebuah konsolidasi partai, konsolidasi ideologi, politik, organisasi dan konsolidasi kader. Apalagi di dalam proses kerja konsilidasi ini, konsolidasi ideologi akhir-akhir ini mendapat banyak tantangan tetapi kita harus tetap meyakini kebenaran jalan Pancasila yang telah dan selalu kita tempuh," ujarnya, Jumat (17/7).

Guna memperkuat konsolidasi ideologi, Megawati telah memerintahkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan agar meminta calon kepala daerah yang sudah mendapat rekomendasi maju Pilkada 2020 mengikuti sekolah partai. Sekolah partai diyakini bisa menghasilkan pemimpin mumpuni dan dapat mengayomi rakyat.

"Meskipun ada secara teknis persoalan akibat pandemi Covid-19 ini. Tetapi, sekolah partai merupakan sebuah keharusan dan dapat dilakukan secara online karena dengan demikian kita berharap dapat menghasilkan pemimpin yang mumpuni dan selalu mengayomi rakyatnya,' kata dia.

PDI Perjuangan merekomendasikan 45 bakal pasangan calon Pilkada 2020 pada sore hari ini. Di antaranya ada putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Gibran dipasangkan dengan Ketua DPRD Solo 2014-2019, Teguh Prakosa di Pilwakot Solo.

Rekomendasi dibacakan langsung oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dari Kantor Pusat DPP PDIP di Jakarta Pusat. Hadir juga Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami