Menakar Peluang Gibran di Pilkada Solo 2020

Menakar Peluang Gibran di Pilkada Solo 2020
POLITIK | 27 November 2019 05:04 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pilkada Kota Solo akan berlangsung bulan September tahun 2020. Masyarakat Kota Bengawan berharap akan mempunyai pimpinan baru, yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Meskipun masih cukup lama, namun suhu politik di kota budaya tersebut sudah memanas.

Dua tokoh berbeda generasi saling 'berebut' untuk menjadi orang pertama di Pemkot Surakarta (Solo). Uniknya, kedua tokoh berasal dari partai yang sama, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Achmad Purnomo yang berpasangan dengan Teguh Prakosa telah dipilih DPC PDIP Solo untuk menjadi bakal calon tunggal.

Di sisi lain, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba-tiba menyatakan ingin terjun ke dunia politik. Gibran menemui sejumlah tokoh PDIP dari DPC FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Puryono hingga Ketua DPP Megawati Soekarnoputri.

Para senior partai menyarankan agar Gibran belajar terlebih dahulu. Bahkan Megawati memberikan 4 buku tentang Bung Karno untuk dipelajari. Para petinggi PDIP menyebut Gibran masih bisa mendaftarkan diri di Pilkada Solo melalui DPD Jateng. Lalu bagaimanakah peluang Gibran di Pilkada Solo 2020?

Pengamat Politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, mengatakan jika mendapatkan rekomendasi, Gibran mempunyai peluang menang paling besar di Pilkada Solo.

"Kita tunggu rekomendasi dulu, akan diberikan kepada siapa. Gibran peluangnya paling besar. Sebagai newcomer potensi dia sangat bagus," ujar Agus kepada merdeka.com, Selasa (26/11).

Baca Selanjutnya: Siapa Tak Kenal Gibran...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami