Menakar Peluang Menteri-Menteri Lama yang Dipertahankan Jokowi

POLITIK | 18 Juli 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Presiden terpilih Jokowi memiliki waktu kurang lebih dua bulan untuk 'meracik' kabinet kerja jilid II sebelum pelantikan Oktober mendatang. Beberapa waktu yang lalu, Jokowi telah membocorkan memiliki komposisi untuk susunan kabinet periode selanjutnya. Selain mencari menteri muda dan profesional, Jokowi mengatakan akan ada beberapa menteri di Kabinet Kerja akan kembali mendapat kepercayaan.

"Banyak (menteri-menteri sekarang bertahan)," kata Jokowi.

Jika dilihat dari prestasi dan kinerja selama menjadi pembantu presiden. Menteri-menteri ini diprediksi kembali menjabat untuk periode 2019-2024. Siapa saja yang berpeluang menjabat kembali sebagai menteri Jokowi? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pertama, Menteri Keuangan, Sri Mulyani diprediksi akan dipertahankan Jokowi. Alasannya? Karena Sri Mulyani banjir akan prestasi. Sri Mulyani menjadi menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro pada tanggal 27 Juli 2016.

Kiprah Sri Mulyani tidak perlu diragukan, dia menjadi menteri keuangan terbaik Asia pada tahun 2006. Dia juga menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pada tahun 2018 Sri Mulyani menjadi menteri keuangan terbaik di Dunia. Presiden Jokowi mengatakan penghargaan Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia tersebut menjadi bukti jika pengelolaan ekonomi Indonesia dalam jalur yang tepat dan efektif. Dengan demikian, penghargaan kepada Sri Mulyani ini patut mendapatkan apresiasi seluruh rakyat Indonesia.

"Itu pengakuan dunia, semua masyarakat bangga dan kita sadar penilaian itu menunjukkan pengelolaan ekonomi makro fiskal, track-nya benar, yang hati-hati, efektif. Ini pengakuan dunia dan satu orang menteri," kata Jokowi Februari 2018 lalu.

2 dari 4 halaman

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Selanjutnya, ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang diprediksi dipertahankan Jokowi. Menteri Retno memiliki segudang prestasi di antaranya ialah meraih penghargaan Agen Perubahan untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women, di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada 2017 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan Asisten Sekretaris Jenderal PBB yang juga selaku Deputi Direktur Eksekutif UN Women Lakhsmi Puri pada acara jamuan makan siang yang dihadiri pemimpin dan tokoh perempuan dunia di sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat.

Saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, di INTEX, Osaka, Jepang, pada Juni 2019 lalu. Menteri Retno dan juga Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat pujian dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf. Pujian ini disampaikan Menlu Arab langsung dihadapan Presiden Jokowi, Menteri Retno dan Menteri Sri Mulyani.

"Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat," ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf, saat berbincang santai dengan Presiden Jokowi, Jumat (28/6) lalu.

Menteri Retno juga salah satu menteri yang tidak pernah direshuffle Presiden Jokowi sejak awal pemerintahan Jokowi sejak 27 Oktober 2014 sampai saat ini.

3 dari 4 halaman

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Selain Menteri Sri Mulyani dan Menteri Retno, satu lagi sosok perempuan kuat yang mengisi kabinet kerja Presiden Jokowi. Susi Pudjiastuti diangkat Presiden Jokowi sebagai menteri kelautan dan perikanan. Susi dipercaya Jokowi untuk menjaga laut Indonesia.

Menteri Susi dikenal sebagai menteri nyentrik, dan setiap kebijakan yang dikeluarkan menjadi kontroversi publik. Kebijakan Menteri Susi yang paling diingat dan kontroversi adalah menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang mencuri ikan-ikan di perairan Indonesia.

Namun kebijakan Susi ini, justru mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Karena kebijakan tenggelamkan kapal ala Menteri Susi kapal-kapal asing tidak lagi berani mendekat dan mencuri ikan-ikan diperairan Indonesia.

"Mungkin 7 ribuan kapal-kapal illegal fishing milik asing semuanya, sekarang sudah tidak berani mendekat mencuri ikan di negara kita. Karena apa? Karena kalau berani curi ikan benar-benar ditenggelamkan oleh Bu Susi. Sudah ada 317 kapal yang di tenggelamkan oleh Bu Susi. Meskipun Bu Susi perempuan tapi seram, takut semuanya sama Bu Susi," kata Jokowi pada Januari 2018 lalu.

Menteri Susi juga salah satu menteri yang tidak pernah direshuffle Presiden Jokowi sejak awal pemerintahan Jokowi tahun 2014 sampai saat ini.

4 dari 4 halaman

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri yang diprediksi menjabat kembali yakni, Menteri Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Melalui kementerian yang dipimpin Basuki, Jokowi berhasil membangun jalan tol sepanjang 780 KM selama 4 tahun menjabat. Karena itu Jokowi berterima kasih dengan kinerja dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah berhasil membangun beberapa infrastruktur di pelosok negeri.

"Beliau ini (Basuki) bapak infrastruktur Indonesia. Meski masih diaspal membuka wilayah pembangunan," ujar Jokowi pada Desember 2017 lalu. Mendapat pujian itu Menteri Basuki nampak tersenyum.

Dalam kabinet kerja, Jokowi sudah melakukan perombakan kabinetnya atau reshuffle sebanyak 4 kali. Menteri Basuki Hadimuljono menjadi salah satu menteri yang tidak pernah direshuffle Presiden Jokowi dan dipercaya memimpin Kementerian PUPR.

Siapa menteri yang akan dipertahankan Jokowi, semua akan terungkap saat Jokowi mengumumkan menteri-menteri untuk kabinet kerja jilid II. (mdk/has)

Baca juga:
PPP Klaim Jokowi Minta Sembilan Nama Menteri
1 Jam Bertemu JK, Erick Thohir Ngaku Silaturahmi Tak Bahas Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Istana Pastikan Draf Susunan Menteri Jokowi Hasil Rapat di Sentul Hoaks
PKB Harap Dapat Posisi Strategis di Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
TKN Bantah Draf Menteri Baru Jokowi
Koster Yakin Jokowi akan Pilih Menteri dari Bali