Menang Beruntun di Pemilu, PDIP Ucapkan Terima Kasih pada Rakyat Indonesia

POLITIK » MALANG | 21 Mei 2019 16:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi untuk Pemilihan Legislatif 2019. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) didapuk menjadi pemenang Pilpres dengan raihan 19,33 persen.

Ini menjadi catatan baru bagi sejarah politik Indonesia. Pasalnya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menjadi partai pertama yang menang dua kali sejak era reformasi.

Meski demikian, tak ada perayaan yang berlebihan dilakukan oleh partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Hanya mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia di depan awak media.

"Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada PDI Perjuangan, sehingga kembali untuk dua kali berturut-turut menjadi partai pemenang Pemilu. Kami berjanji bawa DPP dan Fraksi PDI Perjuangan akan menjadi alat dan perkakasnya rakyat Indonesia, untuk mencapai tujuan bernegara sebagai mana amanat Pembukaan UUD 1945," ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (21/5).

Di sisi lain, pihaknya juga mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Berharap dapat menjalankan amanah dan kekuasaan dengan baik dan merealisasikan apa yang sudah dijanjikan dan diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

"PDI Perjuangan juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran partai koalisi Pasangan Joko Widodo-Kiai Ma'ruf Amin, kepada seluruh Tim Kampanye Nasional dan Daerah, saksi-saksi di TPS dan kepada seluruh Relawan yang telah berjuang, berkorban dan bahu membahu dalam memenangkan Pemilu 2019," ungkap Hasto.

Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, yang menempatkan bukan hanya Jokowi-Ma'ruf, serta partainya saja yang diberikan kepercayaan oleh rakyat. Tetapi banyak 'kader banteng' termasuk dirinya diberikan amanah untuk kembali ke DPR RI.

Total dari KPU, PDIP meraih 129 kursi untuk duduk di parlemen periode 2019-2024.

"Untuk itu, atas nama pribadi dan TKN 01 saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas semua partisipasi dan dukungan kepada kami selama proses kampanye. Ucapan terima kasih yang tidak terhingga juga kami sampaikan kepada segenap masyarakat Malang Raya yang telah menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi-Amin serta PDI Perjuangan dan saya pribadi," jelas Basarah.

Tak Hanya DPR

Hasto juga menyampaikan, bukan hanya di DPR saja PDIP mengukir sejarah baru. Dari DPRD saja, juga memenangkan di 17 Provinsi.

"Dan yang membuat sejarah untuk pertama kalinya, di Jawa Timur dapat dimenangkan oleh PDI Perjuangan. Dan Di provinsi Jambi untuk DPRD dimenangkan," kata Hasto.

Karena itu, masih kata dia, total sekarang ada 17 Ketua DPRD di provinsi yang dimenangkan oleh partai yang didominasi dengan warna merah ini.

"Dengan demikian, PDI Perjuangan memiliki 17 Ketua DPRD provinsi di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
BPN Prabowo Gugat Hasil Pilpres ke MK, PDIP Nilai Sebuah Kemajuan
PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS Diprediksi Kuasai Kursi DPRD DKI Jakarta
'Drama-Drama' di KPU saat Rekapitulasi Suara Hasil Pemilu 2019
Pesan Khusus Megawati untuk Jokowi-Ma'ruf di Periode Kedua
KPU Umumkan Hasil Pileg, PDI Perjuangan Juara Disusul Partai Gerindra
Usai Pengumuman Pemilu 2019, PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra

(mdk/rnd)