Mendagri: Ada Provinsi yang Sisa Anggaran Hampir Rp 2,3 Triliun

POLITIK | 18 Juni 2019 15:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah daerah masih banyak yang belum melakukan perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program dengan baik, dalam mengimplementasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan dalam acara sosialisasi Permendagri tentang penyusunan APBD 2020 di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Selasa (18/6).

Tjahjo menjelaskan, salah satu indikator itu tak berjalan baik, yakni dengan masih banyaknya daerah yang memiliki Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (Silpa) berlebih. Dimana seharusnya angka SILPA dalam APBD adalah nol.

"Ini banyak Silpa yang sampai triliunan. Satu provinsi yang Silpa-nya hampir Rp 2 triliun, ada yang Silpa-nya hampir Rp 2,3 triliun juga ada. Ini menunjukkan bahwa perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program tidak berjalan dengan baik. Ini tolong dicermati," kata Tjahjo, Selasa (18/6).

Dia menyadari, dengan masih tersisanya Silpa, dalam konteks menghabiskan anggaran tampaknya masih sulit.

"Apakah ini ada yang salah dalam birokrasi kita? Ini juga saya kira perlu dicermati dengan baik. Sehingga rutinitas itu harus dievaluasi programnya dan output program harus jelas," ungkap Tjahjo.

Dia meminta, perlu ada peningkatan cara, dengan inovasi-inovasi baru. Kemudian dalam hal penganggaran harus lebih detail.

"Peran BUMD-nya harus dioptimalkan dengan baik. Belanja modal itu harus produktif dan belanja sosial yang tinggi, harus diantisipasi dengan baik. Penyerapan anggaran yang realisasinya tepat (harus) sebagai prioritas utama dalam peningkatan SDM," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Mendagri Buka Sosialisasi Permendagri Mengenai Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020
Usai Dilantik, Gubernur dan Wagub Lampung Diajak Mendagri ke KPK
Mendagri Ajak Gubernur Lampung, Maluku dan Maluku Utara ke KPK
Mendagri Ucapkan Selamat atas Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung
Tjahjo Soal PNS Bolos: Belum Puas Terima THR dan Gaji Keempat Belas
Anies Bakal Beri Sanksi PNS Bolos Ngantor Usai Libur Lebaran

(mdk/rnd)