Mendagri: Kualitas parpol tentukan kualitas demokrasi

Mendagri: Kualitas parpol tentukan kualitas demokrasi
Tjahjo Kumolo di Keraton Surakarta. ©2017 merdeka.com/arie sunaryo
POLITIK | 6 Desember 2017 03:01 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai kualitas partai politik merupakan faktor penentu kualitas demokrasi. Maka itu, menurutnya jumlah parpol yang sedikit dengan ambang batas lebih baik ketimbang masyarakat disodorkan banyak parpol.

"Sekarang boleh muncul 4, 5 partai baru, tapi yang menentukan dia bisa ikut terlibat pengambilan kebijakan di DPR tergantung ambang batas. Maka ambang batas dari tahun ke tahun harus meningkat. Sekarang 3,5 mungkin bisa besok 5 persen, 10 persen. Bukan mematikan parpol. Kuncinya masyarakat memilih yang menentukan," ujarnya di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (5/12).

Menurut politisi PDIP itu, parpol bersinggungan langsung dengan penyelenggara keputusan politik seperti DPR, DPRD, kepala daerah, dan presiden. Sehingga, kualitas parpol menentukan kualitas pilihan dalam pemilu.

"Jadi kualitas parpol menentukan kualitas demokrasi dan keanggotaan DPR sampai kepala daerah sampai capres-cawapres," terangnya.

Pada Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 diharapkan terjadi kontestasi yang mengedepankan program dan konsep. Politik uang dan politik identitas harus dihindarkan demi perbaikan kualitas demokrasi. Karena itu Tjahjo mendorong untuk konsolidasi demokrasi pada tahun mendatang.

"Kuncinya nanti di pilpres, pileg 2019 ini apakah mampu untuk menggerakkan dan mengorganisir semua daerah yang ada," ujarnya. (mdk/rzk)

Baca juga:

Mendagri pastikan tak bakal pangkas APBD DKI

Indeks Demokrasi Indonesia turun, pemerintah targetkan perbaikan dengan konsolidasi

Mendagri ajak melawan kampanye politik bernada SARA dan ujaran kebencian

Soal anggaran tim gubernur, Sandiaga tunggu hasil evaluasi Kemendagri

Peringatan Mendagri soal TGUPP ala Anies-Sandi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami