Menteri-Menteri Ini Pernah Ditelepon Tengah Malam Oleh Jokowi, Ada Apa?

POLITIK | 19 Oktober 2019 06:10 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar silaturahmi bersama menteri kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/10). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para menteri kabinet kerja yang telah berkontribusi selama lima tahun di periode 2014-2019.

Tidak lupa dia juga meminta maaf jika ada salah kata dan selalu mengganggu para menteri di tengah malam. "Saya juga mohon maaf saya ganggu tengah malam," kata Jokowi.

Jokowi mengaku kerap menelepon para menteri tengah malam. Alasannya, karena ada persoalan bangsa yang tak bisa menunggu.

Siapa saja menteri-menteri yang ditelepon Jokowi tersebut?

1 dari 4 halaman

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Presiden Jokowi mengaku selama lima tahun menjabat, beberapa kali menelepon menterinya saat tengah malam. Salah satu menteri yang pernah ditelepon Presiden Jokowi adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Bu Menkeu tengah malam pernah saya telepon," kata Jokowi.

Sebagai informasi Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 27 Juli 2016. Sri Mulyani menggantikan Menteri Keuangan sebelumnya Bambang Brodjonegoro.

2 dari 4 halaman

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Selain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga pernah ditelepon Jokowi tengah malam. Alasannya, karena ada persoalan bangsa dan negara yang tak bisa menunggu.

"Bu Retno pernah tengah malam saya telpon," ungkap Jokowi.

Sebagai informasi, di era Presiden Jokowi, Retno Marsudi adalah perempuan pertama yang menjadi menteri luar negeri. Dia menjabat sebagai Menlu sejak 27 Oktober 2014.

3 dari 4 halaman

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Selanjutnya ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang suka ditelepon Presiden Jokowi tengah malam. Jokowi pun meminta maaf kepada semua menteri dan seluruh anak buahnya karena mengganggu tengah malam.

"Pak Basuki juga sama. Ya itulah gangguan-gangguan yang sering saya lakukan karena negara ini memerlukan. Kerja kita semuanya," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mempunyai julukan khusus untuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Bapak infrastruktur. "Beliau ini (Basuki) bapak infrastruktur Indonesia. Meski masih diaspal membuka wilayah pembangunan," ujar Jokowi pada 16 Desember 2017 silam. Mendapat pujian itu Menteri Basuki nampak tersenyum.

4 dari 4 halaman

Kaporli Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Selain menteri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Kepala BIN Budi Gunawan tak luput dari telepon tengah malam Presiden Jokowi.

"Enggak sekali dua kali (telepon tengah malam) ke Pak Tito, ke Panglima TNI, Kepala BIN, menteri," ungkap Presiden Jokowi. (mdk/dan)

Baca juga:
Jelang Purna Tugas, Sejumlah Menteri Mulai Berkemas dari Rumah Dinas
5 Tahun Menteri, Nasir Ungkap Upayanya Perbaiki Sistem Birokrasi di Kemenristekdikti
Cerita Menteri Tjahjo yang Suka Gelagapan Saat Presiden Jokowi Mendadak Telepon
Menko Luhut Nilai Jokowi Sosok Pengayom, Suka Kesal Jika Ada yang Merendahkan
VLOG: Cerita Sri Mulyani Jadi Menteri Paling Sering Ditelepon Jokowi
VLOG: Tak Kenal Lelah, Menteri Basuki 40 Tahun Berkarya Bangun Indonesia