Menunggu Keputusan Sang Penentu Koalisi

POLITIK | 12 Juli 2019 05:33 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Sejumlah partai politik punya patron dalam menentukan arah politik. Termasuk arah politik pasca Pemilu 2019. Contohnya PAN, Gerindra dan Demokrat.

Baik PAN, Gerindra dan Demokrat masih menunggu keputusan sang ketua umum. Ke mana langkah politiknya apakah akan berkoalisi dengan pemerintah atau sebaliknya, masih menunggu waktu.

Siapa saja patron yang menjadi menentu parpol dalam menentukan arah politiknya pasca Pemilu 2019, berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Gerindra Tunggu Arahan Prabowo

Kabar Gerindra akan bergabung dengan koalisi makin ramai diperbincangkan. Sebagai partai oposisi, Gerindra tak mau gegabah melangkah. Partai berlambang burung garuda itu masih menunggu aba-aba dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo yang akan menentukan arah politik partainya.

"Soal menerima atau menolak tawaran, itu sepenuhnya hak pimpinan. Pak PS (Prabowo Subianto) akan membicarakan dengan Dewan Pembina, Dewan Pakar, DPP, dan DPD, DPC se-Indonesia," jelas Ketua DPP Gerindra, Sodik Mudjahid.

Selain sebagai ketua umum, Prabowo adalah pendiri Partai Gerindra. Pengaruh Prabowo dalam Gerindra luar biasa kuat. Apalagi Prabowo adalah kader terbaik Gerindra yang dicalonkan dalam Pilpres 2019 lalu.

2 dari 3 halaman

SBY Dari Partai Demokrat

Tak cuma Partai Gerindra, Partai Demokrat juga santer dikabarkan bakal bergabung bersama Jokowi. Apalagi kode-kode itu terlihat dari kedekatan Jokowi dan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono belakangan ini.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan persoalan partai akan bergabung atau bertahan menjadi oposisi diserahkan kepada Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY lah sang penentu dari semua itu.

"Biarlah itu nanti menjadi keputusan antara Pak Jokowi selaku Presiden dengan Pak SBY selaku Ketua Umum kami Partai Demokrat. Pastilah para pemimpin kita ini sudah tahu yang terbaik untuk bangsa kita ini," kata Jansen.

3 dari 3 halaman

PAN Ada Amien Rais

Sikap politik Partai Amanat Nasional terbelah. Sebagian internal ingin bergabung bersama pemerintah dan sebaliknya. Lalu ke mana langkah PAN nanti?

Dalam internal PAN, ada dua sosok berpengaruh. Selain Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, ada Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Politikus Senior itu adalah pendiri PAN. Suaranya sangat didengar para kader PAN meski jabatannya tidak masuk dalam struktur DPP.

"Sebagai pendiri partai dan tokoh senior di partai ini nanti suara Pak Amien akan menjadi referensi untuk kita bagaimana menentukan langkah partai ke depan," kata Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay, di Jakarta, Jumat (5/7).

(mdk/has)