Moderator Debat Kedua Tommy Tjokro & Anisha Dasuki Janji Netral dan Tetap Independen
POLITIK | 9 Februari 2019 19:29 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Jurnalis Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki terpilih menjadi moderator debat capres-cawapres kedua pada Minggu (17/2) mendatang. Keduanya juga telah menandatangani pakta integritas terkait tugasnya tersebut.

Tommy Tjokro saat ini bekerja di sebuah stasiun televisi yang dimiliki salah satu pendukung paslon. Namun dia menegaskan netralitas dan independensinya tak perlu dipertanyakan lagi.

"Bagi saya, preferensi politik pribadi enggak ada hubungannya dengan profesi saya sebagai wartawan atau jurnalis maupun sebagai moderator. Jadi artinya insyaallah saya tidak perlu dipertanyakan lagi independensi dan netralitas. Kami akan berjuang yang baik karena ini demi negara juga. Mudah-mudahan dalam debat kedua nanti kami dapat menciptakan suasana debat yang cair," jelasnya usai penandatanganan pakta integritas di Hotel Sari Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2).

Tommy juga menegaskan tak ada intervensi dari siapapun menyangkut tugasnya sebagai moderator. "Enggak ada (intervensi). Yang pasti cuma untuk mempersiapkan agar nanti debat kedua bisa tampil baik dan cair," jelasnya.

Terkait persiapannya, Tommy mengatakan terus melakukan latihan bersama dengan Anisha Dasuki untuk membangun kekompakan. Kebetulan keduanya bekerja di stasiun televisi yang sama. Tommy mengaku baru kali ini menjadi moderator debat capres dan sebelumnya pernah menjadi debat Pilkada.

"Kebetulan kami juga sekantor jadi kami sekarang membangun chemistry dan di setiap segmen kami upayakan untuk bisa tampil maksimal terutama di segmen yang baru diubah atau segmen empat," katanya.

Sementara itu, Anisha Dasuki menyampaikan persiapannya yaitu melakukan brainstorming dan kemudian mengevaluasi hasilnya. "Kemudian kita pelajari dengan baik tata cara debatnya seperti apa, kemudian tema yang diangkat seperti apa, supaya kita bisa lebih memperdalam visi dan misi kedua pasangan," jelasnya.

Isu lingkungan hidup yang menjadi salah satu tema debat akan menjadi tantangan karena isu tersebut menjadi pembicaraan menarik belakangan ini. Anisha berharap ada gagasan baru dari pasangan calon terkait penanganan masalah lingkungan ini.

"Kalau menurut saya ini isu lingkungan hidup pasti sangat menjadi pembicaraan yang menarik karena sekarang kan ramai lagi lingkungan hidup soal plastik dan segala macam. Ini akan keluar sesuatu yang baru, program kerja yang baru yang mungkin teman-teman belum pernah dengar pada saat ada dialog di televisi atau di media. Kita sih mengharapkan seperti itu," jelasnya.

Anisha menjamin pertanyaan tidak akan bocor dan dia berkomitmen melaksanakan isi pakta integritas yang telah ditandatangani. "Itu pasti karena sejak pertama kali menandatangani kontrak sebagai reporter dan jurnalis prinsip itu sudah saya pegang dan insyaallah nanti saya akan pegang terus sampai saya pensiun jadi jurnalis," jelasnya.

Senada dengan Tommy Tjokro, Anisha juga menjamin tak akan ada intervensi apapun dari atasannya yang merupakan pendukung pasangan salah satu calon. "Tidak ada intervensi sama sekali dari siapapun dan balik lagi saya sudah sejak menandatangani (kontrak kerja) sebagai jurnalis ketika itu di situlah saya menetapkan independensi, netralitas, profesionalitas akan selalu saya jaga," tutupnya.

Baca juga:
Panelis dan Moderator Debat Kedua Pilpres 2019 Tandatangani Pakta Integritas
Panelis dan Moderator Debat Capres-Cawapres Kedua Tandatangani Pakta Integritas
Panelis Debat Capres juga Ingin Moderator Paham Pertanyaan yang Disiapkan
Panelis Debat Kedua Pilpres: Kita Susun Pertanyaan Yang Tak Normatif
KPU Gelar FGD Bareng 8 Panelis Bahas Materi Debat Capres Kedua
Sandiaga Harap KPU Objektif saat Pemutaran Video di Debat Capres
Bakal Hadiri Debat Capres, Sandiaga akan Pijat Prabowo

(mdk/lia)