Muncul Nama Nonkader Jadi Calon Ketum, PPP Ingin Keluar dari Krisis

Muncul Nama Nonkader Jadi Calon Ketum, PPP Ingin Keluar dari Krisis
POLITIK | 29 Oktober 2020 07:04 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Sejumlah nama dimunculkan sebagai bakal kandidat Ketua Umum dalam Muktamar IX yang akan digelar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada akhir Desember 2020 nanti. Menariknya, dari enam nama yang sudah muncul, tiga di antaranya merupakan non kader PPP. Bahkan, ada yang masih menjadi pengurus aktif di partai lain.

Nama-nama tersebut yakni Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Mardiono. Dua nama lain yakni Suharso Manoarfa dan Akhmad Muqowwam yang sama-sama kader senior PPP.

Suharso saat ini menjabat sebagai Plt Ketua Umum DPP PPP, setelah ketua umum sebelumnya, Romahurmuziy terjaring OTT KPK dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag Jatim.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP PPP, M, Arwani Thomafi, masuknya nama-nama nonkader itu sebagai strategi agar partainya bangkit dari keterpurukan saat ini. "Itu adalah upaya kita untuk ke luar dari krisis sejak Pemilu 2019, yang saat itu kita hanya dapat kursi sangat minimalis. PPP adalah partai yang telah melewati berbagai ujian sejak awal rezim Orba," tutur Arwani saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darussholah, Jember, Jawa Timur pada Rabu (28/10).

Enam nama bakal calon ketum tersebut, menurut Arwani tidak hanya diusulkan oleh pengurus PPP di daerah. "Karena muktamar ini adalah forum tertinggi yang tidak hanya milik kader, tapi juga seluruh masyarakat. Sehingga aspirasi dan masukan yang disampaikan kepada kami baik struktur partai maupun masyarakat, terkait format PPP masa depan agar bisa keluar dari krisis, akan kita musyawarahkan,” jelas pria yang juga anggota Komisi 2 DPR RI ini.

Baca Selanjutnya: Wacana ke luar dari Citra...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami