Najwa Shihab Analogikan Seperti Anak TK Tengahi Debat Kubu Jokowi vs Prabowo

POLITIK | 5 April 2019 06:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Dalam acara Mata Najwa bertema 'Debat Usai Debat: Adu Rekam Jejak Capres' pada Rabu (3/4) lalu, debat antara kubu Jokowi dan Prabowo Subianto cukup panas. Pemicunya ketika Najwa Shihab meminta kubu Jokowi melempar pertanyaan kepada kubu Prabowo terkait video kampanye Capres 02.

Namun rupanya jawaban dari kubu Prabowo tak membuat puas kubu Jokowi. Menurut kubu Jokowi, jawaban tim Prabowo tak sesuai dengan pertanyaan. Debat pun memanas, mereka saling tunjuk serta saling jawab dengan nada tinggi. Sampai akhirnya Najwa Shihab meminta keduanya berhenti berdebat. Menurut Najwa kedua kubu seperti anak TK lantaran tak bergantian saat mengutarakan pendapatnya. Berikut debat panas kubu Jokowi vs Prabowo:

1 dari 4 halaman

Menanggapi Pidato Prabowo

Saat kampanye di Padang, Sumatera Barat, Capres Prabowo Subianto meminta para elite bertaubat ke jalan yang benar. "Hai elite-elite yang brengsek di Jakarta. Kembalilah ke jalan yang benar. Jangan lagi suka bohongi rakyat. Kalau kalian taubat, taubat di jalan yang benar," kata Prabowo dalam pidatonya.

Pada acara Mata Najwa, video Prabowo ketika berpidato tersebut diputar. Najwa Shihab meminta kubu Jokowi melempar pertanyaan kepada tim Prabowo atas pernyataan tersebut. Pertanyaan dari kubu Jokowi adalah apakah yang dimaksud Prabowo itu soal proyek Hambalang, nama-nama di Panama Papers, dan korupsi Supersemar. Kubu Jokowi juga menyebut jika Prabowo menunjuk diri sendiri atas pernyataannya.

"Apakah yang dimaksud Pak Prabowo mereka yang mengantarkan proyek Hambalang, yang namanya ada di Panama papers, yang terlibat penculikan atau yang korupsi supersemar?," tanya politikus PDIP Budiman Sudjatmiko.

"Pak Prabowo itu lupa bahwa beliau sejak AKABRI sampai hari ini dialah elite Jakarta itu. Apa dia nggak sadar dia nunjuk hidungnya sendiri?" imbuh Jubir TKN Arya Sinulingga.

2 dari 4 halaman

Banyak Kader Parpol Terjerat Korupsi

Kubu Prabowo Subianto lantas menanggapi pertanyaan dari TKN Jokowi-Ma’ruf. Menurut jubir BPN Prabowo-Sandi, Jansen Sitinadaon yang dimaksud Prabowo elite brengsek seperti mantan Ketum PPP Romahurmuziy dan anggota DPR Bowo Sidik yang tejerat kasus korupsi. Menurutnya kader partai yang banyak ditangkap KPK berasal dari parpol pendukung Jokowi.

"Ini semua bagian dari pihak 01, coba lihat data di KPK yang paling banyak ditangkap adalah kader-kader dari partai 01, inilah yang brengsek," katanya.

Jawaban Jansen, membuat Budiman Sudjatmiko tak puas dengan nada tinggi dia meminta kubu Prabowo menjawab pertanyaan yang dilayangkannya tadi. Menurut Jansen Prabowo bicara mengenai elite sekarang sementara yang ditanyakan tim Jokowi kasus di masa lalu.

"Prabowo itu bicara elite sekarang, pertanyaannya gini Romy brengsek ngga? Bowo Sidik brengsek nggak?" tanya Jansen sembari nunjuk-nunjuk kepada tim Jokowi.

3 dari 4 halaman

Saling Tunjuk Soal Elite

Jawaban Jansen Sitinadaon memantik emosi Jubir TKN Arya Sinulingga sampai-sampai menunjuk-nunjuk jubir BPN Prabowo-Sandi, Jansen Sitinadaon. Arya kembali bertanya soal elite sekarang yang dimaksud Prabowo.

"Fadli Zon elite bukan?," tanya Arya kepada Jansen.

Jansen menjawab bukan lantaran menurutnya tak ada kesalahan yang dilakukan oleh Fadli Zon. "Fadli Zon apa kesalahannya? Apa kesalahannya? Ini bicara elite brengsek," kata Jansen.

Arya menjelaskan lagi jika yang dinamakan elite yakni semua yang ada di politik Indonesia. Namun saat menjelaskan itu, Jansen terus menimpali dengan nada tinggi sehingga debat pun memanas lantaran keduanya tak saling memberi kesempatan memberikan tanggapan.

4 dari 4 halaman

Najwa Shihab Sebut Seperti Anak TK

Perdebatan antara kubu Jokowi vs Prabowo sampai membuat Najwa Shihab kewalahan. Najwa mengatakan bila kedua kubu saling bicara penonton tak bisa mendengar apa yang tengah diutarakan. Sehingga Najwa meminta kedua kubu saling bergantian saat menanggapi pernyataan satu sama lain.

"Kalau dua-duanya bicara penonton tak bisa mendengar. Jadi bergantian berbicaranya ya. Saya seperti anak TK rasanya ini. Bergantian berbicaranya," kata Najwa disambut riuh tepuk tangan penonton. (mdk/has)

Baca juga:
H-13 Pencoblosan, TKN Klaim Jokowi Sudah Unggul Tipis dari Prabowo di Jabar
Survei Charta Politika: Prabowo Ketum Partai Paling Disukai Masyarakat
Kampanye Akbar Prabowo-Sandiaga di GBK, Tanpa Dangdutan dan Diawali Subuh Berjemaah
Deddy Mizwar: Jangankan Pak Jokowi, Nabi Saja Difitnah
Ratusan Peserta Hadiri Deklarasi Dukung Jokowi di Tangerang
TKN: Hoaks Tumbuh Berkembang Masif, Terstruktur dan Berulang-ulang