Nama Kader PDIP Calon Menteri Jokowi Sudah Masuk Kantong Megawati

POLITIK | 13 Agustus 2019 16:28 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menegaskan, calon menteri dari partainya akan ditentukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Kata dia, Mega juga sudah memiliki nama-nama yang akan dicalonkan sebagai menteri dari PDIP.

"Tetapi mengenai siapa yang akan diusulkan, wewenang Ibu Mega sudah punya nama-nama yang beliau anggap layak berintegritas untuk membantu mensukseskan pemerintahan Pak Jokowi," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/8).

Basarah menjelaskan, ada dua jalur bagi para pihak yang ingin dicalonkan sebagai PDI Perjuangan. Salah satunya melalui rekomendasi Megawati untuk kemudian direkomendasikan ke presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi.

"Dia punya dua yang namanya instansi prerogatif, prerogatif pertama ketika akan diusulkan pada presiden dia harus melalui pintu hak prerogatif ketua umum PDIP," ungkapnya.

"Setelah direkomendasikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai calon menteri kemudian untuk diangkat jadi Menteri oleh Pak Jokowi akan menemui pintu hak prerogatif presiden terpilih, jadi dua pintu prerogatif ini harus dilalui," sambungnya.

Meski begitu, Wakil Ketua MPR ini menegaskan, kader lainnya juga memberikan masukan pada ketua umum. Namun, nantinya semua keputusan ada di tangan Megawati.

"Itu hak prerogatif Ibu Mega yang tidak dapat dilampaui pengurus partai yang lain, karena wewenang prerogatif bersifat khusus hanya untuk ketua umum," ucapnya.

Baca juga:
Reuni Prabowo-Megawati Menunggu Koalisi
Kena Pukul Sehari Jadi Tamu Spesial Megawati
Tutup Kongres, Megawati Minta Kader Jadikan Tri Karsa PDIP Kekuatan Jiwa
Megawati Kukuhkan Pengurus DPP PDIP 2019-2014
Megawati Sambangi Pameran 25 Karya Pewarta Foto
Besok, Megawati Umumkan Struktur DPP PDIP 2019-2024
PKB Nilai Wajar PDIP Dapat Jatah Menteri Paling Banyak

(mdk/rnd)