Namanya Terkenal, 4 Caleg ini Klaim Dapat Suara Tertinggi di Pemilu 2019

POLITIK | 13 Mei 2019 06:16 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Memiliki nama populer di dunia politik dan memiliki jabatan penting di partai politik membawa keuntungan bagi caleg-caleg yang bertarung di Pemilu 2019. Mereka mengklaim mendapatkan suara tertinggi di dapilnya masing-masing.

Caleg-caleg ini diprediksi lolos ke DPR dan disebut-sebut meraup suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing. Ini caleg yang disebut meraup suara tertinggi di Pemilu 2019:

1 dari 4 halaman

Rano Karno

Politikus PDIP Rano Karno mengklaim dirinya berhasil meraup suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III meliputi Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang pada Pemilu 2019.

Seperti dilansir dari Antara perolehan suara Rano Karno mencapai lebih dari 274 ribu suara. Rano Karno mengungkapkan rahasia dirinya meraih suara di Dapil Banten III, yaitu setiap kampanye selalu mensosialisasikan program-program Presiden Joko Widodo yang langsung dirasakan masyarakat.

"Saya justru merasa raihan suara tertinggi itu mengindikasikan besarnya harapan warga Banten terhadap kelanjutan pembangunan di level nasional yang dipimpin Presiden Jokowi. Karena selama kampanye, saya hanya berkonsentrasi menyampaikan program-program pembangunan Pak Jokowi," kata Rano.

2 dari 4 halaman

Fadli Zon

Wakil Ketum Partai Gerindra, sekaligus Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dipastikan lolos kembali lolos ke DPR untuk periode 2019-2024. Fadli Zon maju dari Dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bagor.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor, Fadli Zon mampu meraup suara tertinggi dengan 230.524 suara. Khusus di Dapil Jabar V, selain Fadli Zon, Mulyadi politikus Gerindra yang lolos ke Senayan dengan 70.569 suara.

3 dari 4 halaman

Puan Maharani

Politikus PDIP Puan Maharani diprediksi lolos ke Senayan untuk periode 2019-2024. Puan maju dari PDIP Dapil Jawa Tengah V. Puan diprediksi meraup suara tertinggi dari Dapil tersebut sekitar 420 ribu suara.

"Mbak Puan Maharani perolehan suaranya paling banyak, sekitar 420 ribu suara," kata Politikus PDIP Aria Bima.

Disebut-sebut sebagai caleg yang paling tinggi suaranya di PDIP, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada kemungkinan PDIP akan memilih Puan sebagai ketua DPR untuk periode 2019-2024.

"Tapi tentu PDIP akan mencalonkan yang terbaik, yang punya pengalaman panjang, tidak hanya di partai, tapi juga di legislatif dan pengalaman lainnya. Mengingat posisi Ketua DPR itu sangat strategis, dan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemahaman terhadap legislatif yang sangat baik, dan bisa menjadi mitra sangat baik bagi kepemimpinan Pak Jokowi ke depan," kata Hasto.

4 dari 4 halaman

Dedi Mulyadi

Caleg lain yang meraup suara terbanyak selanjutnya, yakni politikus Partai Golkar Dedi Mulyadi. Ketua DPD Golkar Jabar ini maju dari Dapil Jawa Barat VII meliputi Kabupaten Bekasi, Purwakarta, dan Karawang.

Menurut Ketua Pemenangan Pemilu Golkar Jabar MQ Isnawa kemungkinan Dedi Mulyani meraup suara tertinggi dengan 205.260 suara dari Dapil Jabar VII berdasarkan penghitungan internal berdasarkan formulir C1. (mdk/has)

Baca juga:
Rano Karno Disebut Raih 274 Ribu Suara di Dapil Banten 3
PDIP Diprediksi Kuasai 42 Kursi DPRD Jateng, PKB Dapat 20 Kursi
Bermodal Rp3 Juta, Caleg Ini Melenggang ke DPRD Kota Bandung
Suara Gerindra dan Caleg Purwanto Dominasi di Dapil 8 DKI Jakarta
5 Caleg Muda Anak Pengusaha Kaya Indonesia Lolos ke DPR di Pemilu 2019?
Caleg Petahana Nurhayati Ali Assegaf dan Totok Daryanto Gagal ke Senayan