NasDem danai kadernya nyaleg untuk perbaiki DPR

POLITIK | 11 Juni 2012 14:02 Reporter : Hery H Winarno

Merdeka.com - Cap sebagai lembaga terkorup membuat citra DPR semakin buruk di mata publik. Partai Nasional Demokrat (NasDem) pun cara untuk mengubah sistem yang kacau tersebut.

Buruk citra DPR menurut Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella disebabkan karena proses rekrutmen partai kepada calon legislatifnya yang buruk. Caleg diharuskan berperang melawan kader caleg partai lain dan partainya untuk bisa duduk di Senayan.

Para caleg lalu menggunakan segala cara untuk bisa menjadi anggota dewan meskipun harus dengan jalan utang. "Dan setelah di DPR masih diperas lagi oleh partainya. Makanya akhirnya banyak caleg yang bermanufer dengan bermain anggaran," ujar Rio saat berbincang dengan merdeka.com, Senin (11/6).

Karena untuk membayar utang atau balik modal itulah, kata Rio, kemudian para anggota DPR menghalalkan segala cara. Sehingga tidak aneh bila kemudian banyak anggota DPR yang dipenjara.

"Kami menilai memperbaiki sistem ini harus dimulai dari rekrutmen caleg oleh parpol. Sebenarnya yang bertanggungjawab dalam pemilu itu parpol bukan caleg, makanya kita akan membantu caleg," terangnya.

Tidak semua caleg NasDem akan diberi bantuan dana. Menurut Rio, hanya kader potensial tetapi tidak miliki modal yang akan dibantu oleh partai besutan Surya Paloh ini.

"Sehingga ketika dia terpilih nanti tidak lagi memikirkan bayar hutang atau balik modal. Ini cara untuk memperbaiki sistem di DPR. Kalau mau beres tentu harus dimulai dari proses rekruitmen calegnya," terangnya.

Namun Rio tidak mau menyebut berapa bantuan yang akan diberikan partai kepada para caleg NasDem nantinya. "Itu tergantung dari kemampuan dan kondisi dapilnya. Yang jelas untuk menentukan caleg kita berkaca pada hasil survei, sehingga kader yang kita dorong bisa terpilih jadi anggota dewan," imbuhnya.

(mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT