NasDem ingatkan PDIP, tim kampanye Ahok jalur resminya terdaftar KPU

POLITIK | 27 September 2016 02:00 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - PDI Perjuangan segera membentuk tim pemenangan internal pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilgub DKI 2017. Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini merasa partainyalah yang memiliki jumlah kursi terbanyak di DKI dan menjadi pengusung utama duet Ahok-Djarot.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai NasDem Johnny G Plate tak mempermasalahkan rencana pembentukan tim tersebut. Tetapi, Johnny mengingatkan jika PDIP ingin membantu proses kampanye Ahok-Djarot jalur resminya hanya melalui tim gabungan yang telah didaftarkan ke KPU DKI Jakarta.

"Kepada siapa saja yang ingin membantu kampanye tentu saluran resmi akan melalui tim kampanye yang terdaftar secara resmi di KPU DKI," kata Johnny melalui pesan singkat kepada merdeka.com, Senin (26/9).

"Namun tidak tertutup kemungkinan unsur keluarga, masyarakat atau parpol (PDIP) ingin membentuk tim sukses namun tentu sifatnya internal dan unofficial di hadapan KPU DKI," sambungnya.

Di tim gabungan ini, lanjut dia, kerja sama, kesolidan dan koordinasi sangat dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan pasangan Ahok-Djarot di Pilgub DKI.

"Ditahap ini kerja sama dan koordinasi di antara partai pengusung NasDem, Golkar, Hanura dan PDIP menjadi penting dan akan ikut serta menentukan tingkat keberhasilan dan naiknya elektabilitas paslon Ahok-Darot," terangnya.

Meski demikian, Johnny meyakini partai di belakang barisan Ahok-Djarot mempunyai tujuan, platform dan strategi bersama. Yakni memenangkan Ahok-Djarot di periode kedua.

"Kami menyakini bahwa tujuan partai pengusung sama yakni memenangkan paslon Ahok-Djarot dan akan membuat strategi dan substansi materi kampanye yang jitu selama masa kampanye yang akan datang. Sejauh ini tidak ada keraguan bahwa Ahok-Djrot akan memenangkan Pilgub DKI 2017," klaimnya.

NasDem sendiri, kata dia, akan berupaya mengerahkan seluruh kekuatan internal baik di tingkat pusat hingga ranting untuk membantu memuluskan niat Ahok-Djarot menang di Pilgub DKI.

"NasDem akan menggerakkan semua infrastruktur partai sampai di tingkat ranting (RT/RW) dan semua organisasi sayapnya untuk membantu memenangkan Ahok-Djarot," pungkasnya.

Sebelumnya, PDIP segera membentuk tim pemenangan internal Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilgub DKI 2017. Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, tim tersebut di luar dari tiga partai yang telah mengusung Ahok.

"Kami sekarang membentuk tim kampanye di internal PDIP yang akan bertanggungjawab menggerakkan seluruh simpatisan, anggota dan kader termasuk kerjasama terhadap seluruh sumberdaya yang dimiliki PDIP," kata Hasto di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

Kata Hasto, tim yang diusung oleh PDIP memiliki tugasnya masing-masing. Termasuk yang berkampanye di media sosial.

"Masing-masing kan punya tugas sendiri-sendiri, ada tim yang bergerak di Sosmed, ada tim yang bergerak berdasarkan segmen tertentu," ujarnya.

(mdk/sho)