NasDem Minta Negara Hadir Tangani Isu SARA

POLITIK | 22 Agustus 2019 18:32 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Persatuan Indonesia kembali diuji dengan beberapa kejadian bernuansa suku, agama dan ras yang membuat kegaduhan sesama anak bangsa. Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung meminta, negara hadir melalui pemerintah yang mampu bertindak cepat dan adil agar kasus tersebut tidak bias dan meluas di tengah masyarakat Indonesia yang heterogen.

Ketua DPP Partai NasDem, Martin Manurung mengatakan, kegaduhan yang terjadi dalam sepekan terakhir merupakan sebagian kecil masalah yang bisa saja akan terjadi lagi. Untuk itu dia mendesak adanya tindakan tegas dan adil yang dilakukan negara.

"Saya sangat sepakat dengan para pemuka agama dan tokoh masyarakat yang menyatakan perdamaian dan saling memaafkan. Namun negara juga harus hadir untuk menciptakan kenyamanan dan kesetaraan beragama dan berbudaya di antara sesama warga negara," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/8).

Dia mengungkapkan, negara harus melakukan peran preventif kepada bibit bibit yang mengeksploitasi sentimen suku, agama dan ras. Jangan sampai permasalahan kecil menyebabkan perpecahan NKRI.

"Bila terjadi pelanggaran hukum, negara juga harus menciptakan kesetaraan perlakuan kepada siapapun dan dari kelompok manapun. Hal ini untuk menghindari kesan bahwa ada perbedaan perlakuan antarkelompok masyarakat," tutup Martin.

Untuk diketahui, dalam sepekan terakhir, Indonesia dihebohkan dengan dua isu yang sangat sensitif. Yang pertama adalah ceramah tentang salib yang dinilai telah menyakiti hati umat Kristen.

Yang kedua, beredarnya isu mengenai penghinaan terhadap warga Papua yang tinggal di Pulau Jawa. Dalam beberapa video yang beredar, beberapa kelompok menyebutkan kalimat yang juga kurang etis kepada para mahasiswa Papua.

Hal itu bermula dari adanya isu mengenai pengerusakan dan pembuangan bendera negara di Komplek Asrama Papua. Hal itu diduga menjadi pemicu kerusuhan di sejumlah wilayah di Kepulauan Papua yang membuat kehebohan di tengah masyarakat.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Menteri Favoritmu, Mana yang Layak Dipertahankan? Klik disini

Baca juga:
Kandidat Calon Pimpinan DPR dari NasDem: Johnny G Plate, Ahmad Ali & Rachmat Gobel
Dulu Bambu Getah-getih, Kini Instalasi Batu Beronjong Hiasi Bundaran HI
NasDem Soal Wacana 10 Pimpinan MPR: Belum Ada Kesepakatan di Koalisi Jokowi
Pro Kontra Penambahan Kursi Pimpinan MPR Jadi 10
NasDem Harap Uji Kelayakan 40 Capim KPK Dilakukan DPR Periode 2014-2019
Wacana Gerindra Gabung Jokowi, Surya Paloh Minta Tunggu Sikap Parpol Koalisi

(mdk/fik)