NasDem: Penunjukkan Sahroni jadi Ketua Pelaksana Formula E Tak Terkait Partai

NasDem: Penunjukkan Sahroni jadi Ketua Pelaksana Formula E Tak Terkait Partai
Ahmad Sahroni. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 2 Desember 2021 13:25 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan, penunjukan Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Formula E tidak ada kaitan dengan partai. Sahroni yang menjabat sebagai bendahara umum bukan dipilih karena kader NasDem.

"Dari sisi kepartaian, Sahroni, betul sebagai bendahara partai NasDem, dia menjadi ketua organizing commitee, itu bukan atas penunjukan partai NasDem dan dia bukan ditunjuk karena sebagai kader partai NasDem," ujar Ali kepada wartawan, Kamis (2/12).

Ali menuturkan, Sahroni dipilih sebagai ketua pelaksana Formula E karena menjabat sebagai sekretaris Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sahroni dinilai memiliki keahlian di bidang otomotif.

"Tapi, dia adalah sekretaris IMI dan memang yang selama ini orang yang cukup paham karena dia betul betul bergelut di bidang persoalan mobil. Itu dilihat dari dia sebagai sekretaris IMI kan," ujarnya.

Menurut Ali terlalu lancang jika Sahroni didesak untuk mundur. Acara Formula E merupakan perhelatan kelas dunia, bukan hanya agenda khusus DKI Jakarta. Acara ini akan menjadi wajah Indonesia.

"Maka tentunya ini adalah bukan kegiatan DKI jakarta, mestinya kan. Ini adalah bagaimana hasil Formula E nanti akan menceritakan bagaimana wajah Indonesia secara keseluruhan," ujar Ali.

"Janganlah kegiatan olahraga ini dibawa ke ranah politik. Jadi bahwa hari ini sedang terjadi kegaduhan tentang beberapa, pernyataan KPK, penyelidikan Formula E, saya pikir itu hal yang berbeda," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Alasan Anies Tunjuk Sahroni

Ahmad Sahroni ditunjuk sebagai ketua pelaksana event Formula E. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan alasannya memilih politikus NasDem itu bergabung dalam gelaran event Formula E.

"Kita titipkan amanat menjadi Ketua Pelaksana kepada Pak Sahroni karena beberapa hal. Pertama, Pak Sahroni adalah seorang yang berpengalaman dalam kegiatan balap mobil, yang amat diperlukan ketika kita melaksanakan Formula E," kata Anies usai melakukan pertemuan dengan Sahroni di Balai Kota, Senin (29/11).

Alasan lainnya, Sahroni adalah ketua perkumpulan mobil listrik, sesuai dengan jenis balapan ini. Kemudian, pemilihan Sahroni karena posisinya sebagai sekjen IMI yang merupakan perwakilan dari Formula E Operation (FEO) di Indonesia. (mdk/ray)

Baca juga:
KPK Disarankan TGUPP DKI Periksa FEO Terkait Pembiayaan Formula E
Alasan Anies Tunjuk Ahmad Sahroni Sebagai Ketua Pelaksana Formula E
Ahmad Sahroni: Venue Formula E Diumumkan Sebelum Natal, Lalu Menghadap Presiden
Anies Baswedan: Formula E Kuatkan Posisi Jakarta Setelah Ibu Kota Pindah
Anggota DPRD DKI Pertanyakan Pembayaran Formula E Lebih Mahal Dari Negara Lain

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami