Pakar: Banten Landang Subur Dinasti Politik

Pakar: Banten Landang Subur Dinasti Politik
POLITIK | 9 Juli 2020 13:20 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo menyebut, ada 117 daerah yang berpotensi memiliki kekuatan dinasti politik sehingga rawan korupsi. Merespons itu, pengamat politik, Adi Prayitno mengatakan, Banten merupakan daerah dengan kadar dinasti politiknya paling tinggi. Mulai dari eksekutif hingga legislatif.

"Banten merupakan provinsi yang kadar dinastinya paling tinggi. Kekuatannya tersebar merata hampir di semua kabupaten, kota dan provinsi. Mulai dari anggota dewan semua tingkatan dari DPRD hingga DPR pusat, anggota DPD, dan semua tingkatan kepala daerah mulai dari wali kota, bupati, wakil gubernur dan gubernur. Massif dan sistematis," katanya saat dihubungi merdeka.com, Kamis (9/6).

"Banten itu ladang paling subur tumbuhnya dinasti politik. Ada yang dinasti besar dan dinasti kecil," sambungnya.

Dia menuturkan, politik dinasti menjadi kanker demokrasi. Dalam praktiknya, begitu banyak kasus korupsi yang dilakukan keluarga dinasti. Penyebabnya dua hal. Pertama, efek kegagalan agenda reformasi yang salah satunya ingin mengamputasi kekerabatan politik.

Kedua, rendahnya kesadaran melawan politik dinasti karena dianggap wajar. Menurutnya, hal itu bahaya bagi demokrasi. Anehnya lagi, kekuatan politik dinasti justru disokong banyak aktivis dan tokoh yang mengklaim prodemokrasi.

"Kekuatan ekonomi politik dinasti membuat semua pihak bertekuk lutut," ujarnya.

Menurut Adi, politik dinasti bisa dilawan dan dikalahkan di setiap politik elektoral. Namun, hal itu tidak mudah dan butuh konsolidasi politik cukup lama. Karenanya, kerja dan pendidikan politik melawan dinasti harus berkelanjutan dan tak bisa instan ketika jelang pemilihan saja.

"Pertanyaannya, siapa yang sanggup melakukan ini semua? Upaya membatasi politik dinasti lewat regulasi sudah mentah, tak ada cara lain selain lawan dan kalahkan," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami