Pakde Karwo sarankan Azwar Anas minta polisi telusuri penyebaran foto

Pakde Karwo sarankan Azwar Anas minta polisi telusuri penyebaran foto
POLITIK » BANYUWANGI | 7 Januari 2018 20:11 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Foto lama Bupati Banyuwangi Azwar Anas ramai tersebar luas. Menanggapi ini, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo sarankan kepada pihak Anas meminta polisi menelusuri penyebaran foto itu supaya terungkap maksudnya sebagai kampanye hitam atau bukan.

"Tetapi itu kita belum tahu itu kampanye hitam apa kampanye memutihkan kita belum tahu. Disarankan polisi untuk periksa," kata pria karib disapa Pakde Karwo di DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Minggu (7/1).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo enggan komentari apakah hal itu berdampak pada kontestasi. Diketahui, Demokrat mendukung lawan politik Anas, yaitu pasangan Khofifah-Emil Dardak. Menurut dia, masyarakat sendiri bisa menilai hal itu.

Selain itu, Gubernur Jatim tersebut menghormati keputusan Anas menarik diri dari kontestasi Pilgub Jatim. "Itu hak Pak Anas tetapi haknya mau tarik kembali pikiran kita jangan hitam putihlah. Demokrasi membuat ruang spare untuk dialog," tukas dia.

Sebelumnya, Anas angkat suara terkait isu mundur tersebut. Dia menganggap ada proses pembunuhan karakter terkait polemik pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Termasuk, teror yang kerap diterima dirinya dan keluarga.

"Jadi terkait apa yang jadi desus-desus itu, saya sudah biasa. Perlakuan yang sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan, seperti pelarangan pasar modern, memperjuangkan saham bagi rakyat di sektor pertambangan, dan sebagainya. Bahkan, saya dilaporkan melakukan kriminalisasi kebijakan karena kebijakan-kebijakan tersebut," kata Anas melalui keterangan tertulis, Jumat (5/1).

Selama menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Anas mengaku ada pihak yang mencegahnya mengambil kebijakan tertentu. Namun, dia mengaku tak menghiraukan dan tetap bekerja sebagai orang nomor satu di Kabupaten Banyuwangi.

"Bahkan saya juga dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegah saya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu. Tapi kan saya tetap lanjutkan apa yang baik bagi orang banyak," ujarnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Azwar Anas langsung tancap gas kerja di Banyuwangi
Sekjen PDIP bocorkan sosok pengganti Azwar Anas di Pilgub Jatim
PDIP siapkan cawagub Jatim yang kejutkan lawan politik
PDIP Jatim usulkan nama-nama ini ke Megawati gantikan Azwar Anas
PKB dan PDIP Jatim kompak sebut mundurnya Anas tak pengaruhi koalisi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami