PAN Belum Berencana Usung Putra Jokowi

POLITIK | 9 Desember 2019 18:00 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, DPW Jawa Tengah belum ada laporan apakah tertarik mengusung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pilwakot Solo. Dia bilang DPW Jateng juga belum mengusulkan satupun bakal calon untuk Pilkada di Jateng.

"Kalau PAN itu kan mekanismenya usulan dari daerah, kabupaten/kota, naik ke provinsi baru ke pusat. Sampai hari ini Jateng itu belum ada yang mengusulkan. Bukan hanya solo, semua Jateng belum ada yang mengusulkan," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/12).

Dia menilai, tidak ada masalah Gibran mencalonkan sebagai calon wali kota Solo. Menurutnya, Mahkamah Konstitusi tidak melarang politik dinasti.

"Tapi prinsipnya selama dia warga negara yang sudah memenuhi syarat untuk ikut pilkada, saya rasa nggak ada masalah. Toh, MK sudah membolehkan itu," ujarnya.

1 dari 1 halaman

PAN Tak Masalah Gibran Maju

Yandri menjelaskan, Mahkamah Konstitusi pernah memutuskan bahwa larangan calon kepala daerah yang berafiliasi dengan keluarga dibatalkan. Karena bertentangan dengan UUD yaitu terkait larangan sebagai hak politik.

Karena itu, sekalipun anak presiden mencalonkan sebagai wali kota solo, tidak ada masalah.

"Sekarang siapapun dia, petani pun boleh apalagi anak presiden, boleh saja," tutup Yandri. (mdk/fik)

Baca juga:
Sepanas Apapun Kongres PAN, Diyakini Akan Berujung Guyub
Kubu Zulkifli Hasan Tak Mau Dibenturkan dengan Amien Rais di Kongres PAN
30 DPW Dukung Zulhas, Caketum Drajad Wibowo Singgung Tradisi Kepemimpinan PAN
Amien Rais: Sumber Alam Luar Biasa yang Menikmati bukan Orang Papua
Amien Rais Sindir Tokoh PAN Dukung Jokowi Tanpa Syarat: Saya Menangis
Rakernas PAN Sempat Ricuh soal Pembacaan Tata Tertib hingga Dilerai Amien Rais

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.