PAN Buka Kans Duet Zulkifli Hasan-Ridwan Kamil di Pilpres 2024

PAN Buka Kans Duet Zulkifli Hasan-Ridwan Kamil di Pilpres 2024
Zulhas Bertemu Ridwan Kamil. Instagram Zulkifli Hasan
NEWS | 8 Desember 2021 12:43 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) membuka peluang menduetkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Untuk itu, PAN membuka jalan bagi Ridwan Kamil bila ingin bergabung.

Juru Bicara Muda PAN Dimas Prakoso Akbar mengatakan, Ridwan Kamil merupakan tokoh potensial sebagai capres 2024. Namun peluang Ridwan Kamil diusung partai politik sangat kecil

"Ridwan Kamil merupakan 'barang bagus' untuk kontestasi 2024. Tapi sepertinya untuk skala Pilpres sangat kecil peluangnya bagi parpol-parpol untuk mau mengusung figur non parpol," ujar Dimas kepada wartawan, Rabu (8/12).

PAN menyarankan Ridwan Kamil masuk partai politik. Bila berminat ke PAN, Ridwan Kamil akan digelar 'karpet biru' untuk bergabung ke partai.

"Kita menyarankan kang Emil kalau mau jadi capres cawapres 2024 segera masuk parpol. Apalagi beberapa waktu yang lalu beliau mengatakan mau masuk parpol di tahun 2022. PAN sangat terbuka dan antusias bagi Ridwan Kamil, kita kasih karpet biru buat beliau," ujar Dimas.

PAN membuka peluang menduetkan Ridwan Kamil dengan Zulkifli Hasan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di 2024. Kata Dimas, PAN mengusung Zulkifli sebagai calon presiden sebagai keputusan Rakernas 2021.

"Mengenai peluang menduetkan Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil tentu sangat mungkin. Pak Zul memiliki kapasitas sebagai ketum partai dengan segudang pengalaman di tingkat nasional, kang Emil merupakan salah satu kepala daerah yang memiliki segudang prestasi dan selalu masuk tujuh besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi di sejumlah survey. Jadi peluang itu sangat ada," jelas Dimas.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Mau Gabung Partai

Ridwan Kamil, berencana akan bergabung dengan partai politik di tahun 2022 mendatang. Saat ini Ridwan Kamil sedang menimang-nimang akan bergabung dengan partai mana.

"Saya sudah putuskan tahun depan akan masuk parpol. Warna yang mana apakah warna taplak ini (kuning), warna baju satpam (biru) atau hijab merah, saya belum tahu," kata pria akrab disapa Emil di Fisipol UGM, Kamis (2/12).

"Yang pasti yang paling Pancasilais, saya akan di situ. Karena menurut saya Pancasila harga mati. Tidak boleh terlalu kiri, tidak boleh terlalu kanan. Politik jalan tengahlah yang saya pilih," imbuh Ridwan. (mdk/ray)

Baca juga:
Sri Sultan HB X Kunjungi Bandung, Cerita Pernah Pacaran di Taman Cibeunying
Ridwan Kamil: Pembatalan PPKM Level 3 Tidak Mengurangi Rencana Pengetatan di Jabar
Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan Hamengkubuwono Nostalgia di Bandung
Ridwan Kamil Pastikan Situs-situs Warisan Bung Karno di Bandung Terawat
Kosgoro Jabar: Airlangga Capres Golkar, Ridwan Kamil Lanjutkan Gubernur 2 Periode

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami