PAN dukung Prabowo jadi Capres dengan syarat Zulkifli Hasan Cawapres

PAN dukung Prabowo jadi Capres dengan syarat Zulkifli Hasan Cawapres
prabowo gelar pertemuan tertutup dengan partai koalisi. ©2018 Merdeka.com/Arie Basuki
POLITIK | 12 Maret 2018 22:04 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua DPP PAN Yandri Susanto menginginkan partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dengan syarat Ketua Umum Zulkifli Hasan sebagai pendampingnya. Apalagi, kombinasi PAN-Gerindra telah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

"Tetapi kalau PAN Gerindra kan lebih dari cukup 20 persen. Kalau mereka berdua maju bagus juga, Prabowo-Zulkifli Hasan," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3).

Yandri mengatakan usulan menduetkan Prabowo-Zulkifli dikarenakan sulitnya membentuk poros ketiga. Poros ketiga awalnya tengah digodok oleh tiga partai yakni PAN, PKB dan Demokrat.

Menurutnya, satu partai saja menyebrang mendukung Joko Widodo maka peluang terbentuknya poros ketiga semakin kecil. Imbasnya, Jokowi mendapatkan dukungan 'gemuk' sehingga berpotensi menjadi calon tunggal.

"Poros ketiga berat. Satu saja lari ke Jokowi enggak lagi poros ketiga, cuma ada dua. Kalau ada lagi yang lari tidak mencukupi 20 persen untuk bentuk satu paslon lagi karena hampir sebagian besar 80 persen ke Pak Jokowi ya calon tunggal namanya. Sebaiknya sih tidak calon tunggal," tegasnya.

Wakil Ketua Komisi II ini mempredikasi Pemilu 2019 sangat mungkin muncul dua calon. Namun, kata Yandri kehadiran poros dan calon ketiga membutuhkan keajaiban.

"Poros ketiga itu keajaiban kalau memang ada, itu mmg sulit terbentuk. Saya kira dua calon saja sudah Alhamdulillah. Yang kita khawatirkan calon tunggal, kalau 3 calon keajaiban di demokrasi kita," ujar Yandri. (mdk/eko)

Baca juga:
Waketum Demokrat sebut AHY belum final diusung jadi cawapres di 2019
Waketum Demokrat soal peluang poros ketiga: 'Everything is possible'
Sibuk dongkrak popularitas AHY, Demokrat belum tentukan arah koalisi
Soal cawapres Jokowi, PDIP lirik sosok yang punya gagasan bangun ekonomi
Menko Luhut pertegas penjaringan cawapres Jokowi urusan Pratikno

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami