PAN Prediksi Efek Elektoral Nama PAN Reformasi Amien Rais Sangat Kecil

PAN Prediksi Efek Elektoral Nama PAN Reformasi Amien Rais Sangat Kecil
POLITIK | 11 September 2020 11:30 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Politikus senior Amien Rais mengumumkan akan mendirikan partai baru setelah tidak lagi aktif di Partai Amanat Nasional (PAN). Dewan Pengurus Pusat PAN merasa tidak terpengaruh dengan pembentukan partai tersebut.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, hak politik Amien Rais sebagai warga negara yang dijamin konstitusi jika mendirikan partai. PAN tidak merasa terancam. Jika bicara politik elektoral, Viva yakin tidak akan menggangu suara PAN.

Sebab, jika anggapan publik PAN tak lagi identik dengan Amien Rais, maka hal itu keliru. Sebab Amien Rais tetap bakal tercatat sebagai pendiri partai berlambang matahari itu bersama Albert Hasibuan, AM Fatwa, AM Lutfi, Syamsurizal Panggabean, Ismid Hadad, Zoemrotin, Gunawan Muhammad, dan Abdillah Toha.

Lantas, apabila nama partai baru Amien menggunakan PAN Reformasi seperti yang belakangan diisukan, Viva tidak khawatir akan menggangu suara PAN. Dia yakin penamaan PAN Reformasi karena berharap mendapat efek elektoral dari PAN yang lolos ke parlemen sejak 1999 hingga kini.

"Menurut saya, kalaupun ada efek elektoral, getarannya sangat kecil alias non signifikan," kata Viva kepada wartawan, Jumat (11/9).

PAN tidak khawatir hal itu bakal terjadi karena partai baru yang didirikan Amien Rais bukan PAN yang asli. "Masyarakat akan menilai bahwa itu adalah partai politik baru, bukan PAN yang asli. Tetapi partai politik baru yang ingin mendapatkan efek elektoral dari nama PAN," kata Viva.

Dia bicara pembentukan partai Gerindra, Nasdem, dan Hanura yang didirikan alumni Partai Golkar. Pimpinan partai itu ketika mendirikan partai baru tidak ingin mengeruk efek elektoral Golkar dan percaya diri atas partai baru yang didirikan.

Baca Selanjutnya: Viva menuturkan membentuk identitas partai...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami