Partai Baru Amien Rais Diprediksi Tarik Basis Massa Pendukung PAN

Partai Baru Amien Rais Diprediksi Tarik Basis Massa Pendukung PAN
POLITIK | 30 Juli 2020 17:09 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Wacana politikus senior Amien Rais membuat partai baru tengah dimatangkan. Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai partai baru bentukan Amien akan turut merebut massa dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu menyusul ketokohan dari Amien Rais selaku pendiri PAN, akan turut merebut masa dari PAN. Termasuk masa Muhammadiyah yang secara tak langsung menjadi basis masa kekuatan partai belogo matahari tersebut.

"Basis massanya akan sama dengan PAN. Yakni akar rumput suara Muhammadiyah, jadi akan terjadi rebutan basis massa nantinya, bila partai buatan pak Amien telah rampung," ujar Ujang saat dihubungi merdeka.com, Kamis (30/7).

Selain itu, Dia meyakini, kemungkinan ada banyak wajah baru dalam partai baru buatan Amien Rais yang saling dipadukan dengan para loyalisnya.

"Kemungkinan pengurusnya akan diisi dari dua kekuatan. Pertama, loyalis Amien yang ada di PAN, lalu ikut Amien ke partai baru. Kedua, kekuatan dari tokoh luar PAN. Nah wajah baru itu muncul biasanya dari tokoh dari luar PAN," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, potensi partai baru buatan Amien punya potensi besar merebut kekuatan masa PAN melalui loyalis Amien.

"Mungkin akan banyak yang mereka tarik, dari kader-kader loyalis Amien yang ada di PAN. Bisa kader-kader yang selama ini kecewa atau bisa disebut barisan sakit hati terhadap pengurusan yang sekarang," katanya.

Terlebih waktu yang masih lama dalam mempersiapkan partai baru, lanjut Syarwi, menjadi peluangan yang bagus bagi Amien Rais. Termasuk potensi untuk menarik basis PAN dari kader Muhammadiyah.

"Waktu masih lama, bisa saja sejumalah kader Muhammadiyah tertarik ke partai baru. Tetapi semua itu tergantung dari keseriusan dan daya tawarnya serius atau tidak. Jadi ya bisa saja ketarik masanya," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Loyalis Amien Rais Agung Mozin...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami