Partai Islam belum pernah bersatu & usung capres sendiri, ini kata Ketum PPP

Partai Islam belum pernah bersatu & usung capres sendiri, ini kata Ketum PPP
Ketum PPP Romahurmuziy. ©2018 Merdeka.com/Nuryandi
POLITIK | 13 April 2018 20:36 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Rommahurmuziy mengaku sering ditanya soal kemungkinan partai-partai berbasis Islam bergabung dan mengusung pasangan presiden dan wakil presiden. Romi sapaan Rommahurmuziy mengaku peluang tersebut sangat kecil karena tidak pernah terjadi dalam perpolitikan Indonesia.

"Kita harus melihat rentang sejarah ke belakang, ternyata belum pernah terjadi," kata Romi di Munas Alim Ulama PPP di Hotel Patrajasa, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (13/4).

Sulitnya partai Islam bersatu, kata Romi, karena partai-partai itu berperan sebagai teman kompetisi. Artinya berteman dalam pemerintahan namun bertarung di Pemilihan Legislatif.

Romi menyebut partai-partai berbasis Islam cenderung memilih mitra koalisi yang bertolak belakang segmentasi pemilihnya. Tujuannya untuk menghindari saling berebut pemilih.

"Itu lah kenapa parpol cenderung berkumpul dengan sesama parpol yang alas konstituensinya netral, 180 derajat berseberangan," ujar Romi.

Menurut Romi, jika partai-partai tidak menyinggung segmen pemilih justru membuat koalisi semakin kuat. Contohnya, kerjasama antara PDIP dan PPP.

"Ada yang tanya PPP sekarang jadi partai semangka, luarnya ijo dalamnya merah. ini adalah proses politik yang harus kita pahami bersama," ungkapnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Isu HAM jadi momok Prabowo di Pilpres 2019
Punya mesin politik bagus, kader PKS punya peluang kuat jadi cawapres Prabowo
Meski sudah terima mandat pencapresan, peluang Prabowo tak maju Pilpres masih ada
Kelompok bernama Pro-1 deklarasikan Gatot Nurmantyo-Cak Imin untuk Pilpres 2019
Soal cawapres, PKS mau diutamakan Gerindra dibanding parpol lain
Enggan sebabkan kegaduhan, PPP masih pikir-pikir calonkan Romi
Ketum PPP klaim ogah paksa Jokowi gandeng kader jadi cawapres

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami