PBB Dukung Jokowi-Ma'ruf, Sandiaga Nilai Ada Diskoneksi Elite dan Akar Rumput

POLITIK | 27 Januari 2019 21:08 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Partai Bulan Bintang (PBB) menyatakan dukungan kepada pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dalam rakornas. Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menghormati sikap PBB. Namun dia merasa aroma perubahan kepemimpinan justru makin kuat.

"Masyarakat bebas maupun partai bebas untuk menentukan pilihannya dan kita hormati keputusan tersebut namun kami yakin dengan 80 hari tersisa aroma perubahan ini semakin terasa," kata Sandiaga di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (27/1).

Menurutnya, kader PBB tak seluruhnya mendukung Jokowi-Ma'ruf. Dia mengatakan, di sejumlah daerah ada kader PBB yang mendukung Prabowo-Sandi.

"Jadi ada diskoneksi. Jadi kami kemarin di Madura khususnya di Pamekasan teman-teman PBB di sana menyatakan dukungan dan tadi juga kami di Bangkalan beberapa teman-teman PBB. Jadi ada sebuah diskoneksi antara elite dan akar rumput," tutur Sandiaga.

Sandiaga enggan menanggapi lebih jauh terkait dukungan PBB ke Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia ingin perbedaan dukungan dimaknai sebagai sebagai satu keindahan dalam berdemokrasi. Sandiaga tak ingin kader PBB yang beda pilihan capres masuk dalam ranah pecah belah.

"Karena ini tentu menjadi domain daripada PBB sendiri, kita hormati keputusannya tapi kita akan terus bekerja keras dalam 80 hari ke depan. Kita yakin masyarakat sudah sangat ingin perubahan khususnya di bidang ekonomi," ucap Sandiaga.

Hal Senada diungkapkan anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon. Meskipun, kata Fadli, pengurus pusat PBB ada yang berpihak kepada Prabowo-Sandi.

"Kami melihat bahwa saudara MS Kaban sebagai ketua majelis syuro dan saya kira juga cukup banyak dari kalangan pengurusnya yang mendukung Pak Prabowo. Saya kira enggak ada masalah. Ini demokrasi gitu ya," ucap Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut itu tak khawatir suara pemilih muslim kabur karena PBB dukung Jokowi-Ma'ruf. Dia masih yakin mayoritas kader PBB mendukung Prabowo-Sandiaga.

"Saya kira enggak ya, saya kira mereka meskipun pimpinan partainya mendukung ke arah sana, tapi sebagian besar saya yakin masih mendukung Pak Prabowo, termasuk konstituennya," tandas Fadli Zon.

Partai Bulan Bintang (PBB) telah menentukan arah dukungan Pilpres 2019. Partai yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra ini akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Keputusan memberikan dukungan politik kepada Jokowi-Ma'ruf Amin, bukanlah keputusan pribadi Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, tetapi keputusan mayoritas Rapat Pleno DPP PBB tanggal 19 Januari 2019," kata Yusril dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/1). (mdk/gil)

Baca juga:
Sandiaga Uno Akui Dapat Banyak Ilmu dari Eka Tjipta Widjaja
Sandiaga Uno Ingin Santri Diberi Pelatihan dan Modal Usaha
Jika Terpilih, Sandiaga Janji Turunkan Ongkos Ibadah Haji
Demokrat Garansi Pemerintahan Prabowo Teduh, Tak Ribut Seperti Jokowi
Emil Ngopi dan Main Catur Bareng Sandi: Beda Tak Harus Kurangi Rasa Persahabatan
Prabowo Ingin Menang Besar dari Jokowi, Caranya Yakinkan Pemilih Galau
Sebut Najib Nelayan Karawang Alami Persekusi, Sandiaga Uno Dilaporkan ke Polisi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.