PDIP akan Ajukan Sengketa Pemilu di 7 Dapil ke MK

POLITIK | 21 Mei 2019 17:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Meski menjadi pemenang pemilu legislatif 2019, PDI Perjuangan berencana menggugat peroleh hasil suara di 7 daerah pemilihan, ke Mahkamah Konstitusi.

"PDI Perjuangan akan menempuh hal yang sama, di mana ada 7 daerah pemilihan kami akan melakukan gugatan sengketa hasil perolehan suara yang berdampak signifikan dengan perolehan kursi. Karena ini bagian dari strategi, yang kami siapkan dan putuskan tadi malam untuk dilakukan gugatan ke MK," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Dia menegaskan, pihaknya masih melakukan pendataan. Selain itu memverifikasi apa saja yang bisa menjadikan bukti.

"Baru menyiapkan bukti-bukti. Karena kami melakukan verifikasi dulu. Kita melakukan gugatan apabila bukti (tidak) cukup kami tidak akan melakukan gugatan," jelas Hasto.

Daerah yang dimaksud, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Papua, serta Sulawesi Barat. Itu terjadi kesalahan banyak di KPPS.

"Banyak di KPPS, kami meneliti. Karena PDIP Perjuangan tidak akan melakukan gugatan tanpa bukti kuat. Maka perkiraan kami sementara paling banyak hanya ada 7 dapil. Tapi kan kami bisa digugat pihak lain. Maka langkah terbaik kami menyiapkan seluruh bukti-bukti C1 yang paling otentik," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT