PDIP Akan Rombak Struktur Partai Hingga Tingkat Daerah

POLITIK | 23 Juni 2019 19:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Usai memenangkan Pemilu 2019, PDI Perjuangan berbenah diri. Yang pertama dibenahi adalah struktur partai. Hal itu disampaikan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di hadapan peserta rapat kerja daerah (Rakerda) PDIP Jawa Timur di Surabaya, Minggu (23/6).

Seluruh kader diminta untuk tidak mengedepankan ego pribadi. Dia mengingatkan, kepentingan partai sebagai hal utama.

"Kemenangan Pemilu 2024 akan ditentukan perubahan struktur saat ini. Jangan kedepankan ego, tapi kedepankan kepentingan partai," ucap Hasto di hadapan ratusan pengurus PDIP Jawa Timur.

Dalam konteks itu pula, DPP PDI Perjuangan mendorong agar para pengurus partai di daerah melakukan pembenahan organisasi demi mewujudkan prinsip partai pelopor dan partai modern. Dan untuk melakukannya, maka partai harus punya kesadaran politik, organisasi, dan lingkungan.

Wujudnya, ke depan, pengurus partai di setiap tingkatan harus bisa menggunakan ilmu-ilmu terapan, riset, serta penelitian pengembangan (Litbang). Sementara dari sisi sikap, yang terutama adalah penegakkan disiplin.

"Salah satu faktor lingkungan yang harus dilihat adalah bagaimana tren penggunaan alat komunikasi modern di kalangan masyarakat," jelas Hasto.

Masih kata dia, para pemimpin partai di daerah harus bisa memastikan gerak partai tetap ideologis namun dengan memanfaatkan alat modern sebagai alat perjuangan.

"Jadi berbicara struktur harus bicara ideologis namun juga harus melek teknologi. Tak bisa lagi kalau tak berubah. Karena zaman sudah berubah. Ketua DPC kita adalah orang yang top dan melek teknologi," ucapnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

(mdk/noe)

TOPIK TERKAIT