PDIP beri ruang Azwar Anas konsentrasi di Banyuwangi

POLITIK » BANYUWANGI | 6 Januari 2018 20:05 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Hingga saat ini PDIP belum memutuskan akan mengganti pencalonan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam Pilgub Jatim. Seperti diketahui, Anas kini tengah diserang kampanye hitam dengan beredarnya sejumlah foto mirip dirinya.

Sekjen PDIP, Hasto Kristianto mengungkapkan alasan partai belum memutuskan mencari pengganti Anas.

"Kita memberikan ruang bagi Pak Azwar Anas untuk berjuang menegakkan kebenaran dan juga untuk berkonsentrasi di Banyuwangi di dalam perjuangan menegakkan politik yang membangun keadaban tadi," ujar Hasto ditemui di kediaman Ketua Umum PDIP, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1) sore.

"Tentu saja dengan menyerahkan mandat kepada DPP Partai sampai hari ini kami belum memikirkan bagaimana rencana pengganti Bapak Azwar Anas. Biarlah masyarakat yang menilai terlebih dahulu," sambungnya.

Bukan tanpa sebab, Hasto mengungkap partainya pernah melewati batu sandungan serupa, seperti intervensi, adu domba, kantor diserang bahkan tidak diperbolehkan mengikuti Pemilu. Namun, itu semua bisa dilewati dengan kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

"Toh akhirnya partai tidak lenyap. Partai bertahan pada keyakinannya untuk Indonesia Raya," ujarnya.

Sementara itu, terkait menyebarkan kampanye hitam dengan foto mirip Anas, kata Hasto, pihaknya akan mencermati upaya hukum.

"Tentu saja kita akan mencermati hal itu (upaya hukum) karena kami ini berpolitik dengan keyakinan. Mana yang jalannya itu tidak beres pasti akan diberikan keadilan. Kami percaya dengan itu," tegasnya.

Pihaknya menyerahkan penilaian kepada masyarakat seperti apa sosok Azwar Anas. Ia menilai Anas memiliki watak kepemimpinan yang merakyat, membawa perubahan secara drastis di Kabupaten Banyuwangi. Karena itu menurutnya rakyat tak rela Anas dijegal dengan kampanye hitam.

"Apakah rela sekiranya ada pihak-pihak lain yang ingin menggagalkan Pak Azwar Anas kemudian kita berdiam? Maka ini yang coba kami cermati dengan seluruh dinamika yang ada di sana. Partai tetap memberikan bantuan dan dukungan kepada Pak Azwar Anas yang berjuang untuk menegakkan kebenaran itu," jelasnya.

Baca juga:
Usai serahkan mandat cawagub, Anas konsentrasi kerja di Banyuwangi
Tangis Sekjen PDIP kutuk kampanye hitam yang serang Azwar Anas
Usai Anas kembalikan mandat, Gus Ipul akan gelar konsolidasi
Spekulasi di balik keputusan Azwar Anas kembalikan mandat ke PDIP
PDIP beri ruang Azwar Anas konsentrasi di Banyuwangi

(mdk/rhm)