PDIP Gelar Rakernas Bahas Persiapan Kongres V Rabu Lusa

POLITIK | 17 Juni 2019 15:40 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) bakal menggelar Kongres V pada bulan Agustus mendatang. Ketua DPP PDIP Trimedya Panjaitan, mengungkapkan bahwa kongres itu akan membahas kader-kader yang akan duduk di pimpinan eksekutif maupun legislatif.

Dia menyebut, persiapan kongres V akan dibahas dalam rapat kerja nasional (rakernas) PDIP yang digelar pada Rabu (19/6) mendatang.

"Lusa kita akan (rakernas), yang menjadi perhatian DPP adalah setelah pileg ini bagaimana pengisian pimpinan DPRD. Kalau DPR tentu itu ibu ketua umum yang banyak menentukan," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6).

Kemudian, digelarnya kongres V untuk persiapan Pilkada Serentak pada 2020. Menurutnya, pasti ada kader-kader yang ingin maju dan dibahas di kongres PDIP.

"Kenapa harus dipercepat (kongres V)? 2020 kan pilkada serentak lagi. September 2020 tentu banyak orang punya keinginan untuk maju," ucapnya.

Selain itu, Trimedya juga mengaku belum mendapat bocoran apakah di Kongres V nanti akan ada pembahasan pergantian struktur kepemimpinan. Namun, panitia rakernas nanti sudah menyiapkan bahan bahan yang akan di utarakan di Kongres V mendatang.

"Apakah akan ada perubahan struktur, seperti yang anda sampaikan itu apakah akan tetap. Itu tentu akan dibuatkan, Tapi bocorannya seperti apa sampai hari ini kita enggak tahu," ungkap Trimedya.

Dia menyebut, bahwa para kader juga ada ingin perubahan struktur kepemimpinan yang berpengaruh hingga ke tingkat level.

"Terkecuali hari Rabu, mulai ada wacana atau hari Rabu kita sudah mulai mendengar dari daerah ternyata perlu ada perubahan struktur di DPP karena itu juga akan berimplikasi di DPD dan DPC ya tidak menutup kemungkinan," tandasnya.

Baca juga:
PDIP Tegaskan Kongres V untuk Susun Pengurus DPP, Bukan Ganti Megawati
PDIP Percepat Kongres V untuk Susun Strategi Setelah Pemilu
Percepat Kongres V, PDIP Ingin Segera ada Regenerasi Pengurus
PDIP Percepat Kongres V pada 8-10 Agustus di Bali
Pertemuan Jokowi & DPD PDIP di Istana kelanjutan dari Kongres Bali

(mdk/ray)