PDIP: Kami Dukung Wagub Terpilih Selama Serius Kerja

PDIP: Kami Dukung Wagub Terpilih Selama Serius Kerja
Ahmad Riza Patria. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti
NEWS | 7 April 2020 15:13 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Politikus Gerindra Ahmad Riza Patria telah terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno. Pemilihan telah dilakukan oleh DPRD DKI Jakarta. Riza mendapatkan suara mayoritas fraksi di DPRD DKI kecuali dari PKS.

Anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, PDIP siap mendukung Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI. Kendati, PDIP bukan partai pengusung gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Kita akan mendukung siapa pun wagub terpilih sepanjang yang bersangkutan serius bekerja untuk kepentingan rakyat," kata Gilbert melalui pesan singkat, Selasa (7/4).

Gilbert berharap, dengan terpilihnya Riza akan membuat Pemprov Jakarta lebih baik. "Kita berharap dengan pengalaman pak Riza, ada sentuhan yang lebih baik," kata dia.

Gilbert menegaskan, PDIP selama ini tak memposisikan diri sebagai oposisi di DKI. Melainkan bersikap sebagai mitra kritis. Hal itu yang akan Fraksi PDIP DKI lanjutkan terhadap kepemimpinan Anies dan Riza.

"PDIP tidak bersikap oposisi selama ini saya lihat, lebih ke rekan kerja kritis. Malah yang dikritik kesannya kurang mau menerima kritik," kata dia.

2 dari 2 halaman

Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 2022. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih suara 81 saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD atas pemilihan Wakil Gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 ditambah 1. (mdk/ray)

Baca juga:
Gerindra Tepis Anggapan Ingkar Janji Soal Jatah Wagub DKI Milik PKS
Pesan Prabowo untuk Riza Patria Setelah Terpilih Jadi Wagub DKI
PKS: Elektabilitas Nurmansjah Tertinggi di Survei, Tapi DPRD Pilih yang Lain
Wagub DKI: Janji Prabowo Jatah PKS, Tapi Kembali ke Gerindra
Gerindra Minta Riza Patria Langsung Kerja Bantu Anies Tangani Covid-19 Usai Dilantik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami