PDIP Minta Menteri Fokus Kerja, Bukan Pencitraan untuk Maju Capres

PDIP Minta Menteri Fokus Kerja, Bukan Pencitraan untuk Maju Capres
hasto kristiyanto. ©2020 Merdeka.com/istimewa
NEWS | 20 Mei 2022 13:04 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meminta para menteri fokus bekerja untuk rakyat. Bukan justru pencitraan untuk kepentingan capres 2024.

"Bukan pencitraan yang dikedepankan, bukan gerak untuk Capres yang dikedepankan, tapi gerak untuk mencetak prestasi bagi rakyat, maka otomatis rakyat akan mengapresiasi. Itu hukum dalam demokrasi yang itu seharusnya para menteri memahami hukum demokrasi," ujar Hasto di Jakarta, Jumat (20/5).

Hasto menegaskan, dalam konstitusi, menteri adalah pemerintahan sehari-hari. Oleh karena itu, seluruh menteri punya tanggung jawab moral sebagai pembantu presiden.

"Punya tanggung jawab kepemimpinan untuk bekerja untuk rakyat. Bahwa di dalam diri menteri ada yang punya suatu cita-cita bagi masa depan, tetapi cita-cita ini tidak boleh mengalahkan skala prioritas utama bagi kerja untuk rakyat, sehingga semua harus inherent," jelasnya.

Maka dari itu, Hasto menegaskan, imbauan dari Presiden Jokowi agar menteri konsentrasi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari harus dijalankan. Rakyat juga akan mengapresasiasi jika pembantu Presiden mencetak prestasi.

"Karena itulah, kami juga, karena adanya imbauan dari presiden Jokowi agar seluruh menteri konsentrasi pada tugasnya pada pemerintah sehari-hari dengan mencetak prestasi karena PDIP percaya, kalau mencetak prestasi ini diakui rakyat, maka ini akan membangun legitimasi kepemimpinan menteri. Itu yang harus dilakukan," tutur Hasto.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur para pembantunya agar fokus kerja. Tidak lagi mengurusi isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan.

"Fokus kepada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan lagi mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan, enggak," kata Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna yang disiarkan dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4).

Dia menegaskan kembali, pada situasi saat ini seluruh jajaran menteri harus fokus bekerja. Menyampaikan langkah-langkah yang sudah diambil kepada masyarakat.

"Sekali lagi jelaskan situasi global yang sedang sangat sulit. Sampaikan dengan bahasa rakyat dan langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah apa dalam menghadapi krisis dan kenaikan inflasi dan jangan menimbulkan polemik di masyarakat," bebernya. (mdk/ray)

Baca juga:
Presiden UAE Wafat, Ini Momen Jokowi Sampaikan Belasungkawa & Peluk Mohamed bin Zayed
Masinton Kritik Menteri Makin Narsis untuk Kepentingan Pilpres 2024
PPP: Apa Hubungannya Menteri Fokus Kerja dengan Rencana Koalisi Tiga Partai?
Gerindra Soal Koalisi Golkar, PAN Dan PPP Tak Ganggu Kinerja Menteri
Soal Pilpres 2024, Wapres Ingatkan Menteri: Fokus, Jangan Tinggalkan Pekerjaan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami