PDIP Minta Semua Fraksi di DPR Konsisten Dukung RUU PKS

PDIP Minta Semua Fraksi di DPR Konsisten Dukung RUU PKS
POLITIK | 10 September 2020 22:24 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - PDI Perjuangan mendorong fraksi-fraksi di DPR konsisten untuk mendukung Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Anggota Komisi VIII Fraksi PDIP DPR RI Diah Pitaloka meyakini RUU PKS akan mendapatkan dukungan untuk dilakukan pengesahan.

RUU PKS ini sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Hanya saja di tengah perjalanan sempat dikeluarkan dari prioritas tahun 2020. RUU PKS rencananya akan dimasukan ke prioritas 2021.

"Saya yakin sekarang dukungan fraksi-fraksi di DPR makin menguat, semoga memang benar adanya. Tidak hanya di ruang populer tetapi juga di ruang legislasi. Artinya jangan di luar bicaranya oke mendukung, begitu pembahasan tiba-tiba mundur. Kita berharap ada konsistensi juga dari teman-teman fraksi pendukung," ujar Diah dalam diskusi daring bertajuk 'Urgensi Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual' pada Kamis (10/9).

Kapoksi PDIP di Komisi VIII berharap draf RUU PKS bisa cepat selesai. Agar bisa kembali diusulkan dalam proses legislasi di DPR. Draf ini juga mendapat dukungan dari kelompok masyarakat, akademisi, artis, hingga legislator terhadap RUU PKS.

"Kita berharap drafnya bisa cepat selesai, sehingga bisa segera kita usulkan di dalam proses legislasi di DPR. Kita harap itu bisa terjadi Oktober, sehingga September kalau bisa sudah ada selesai draf dan naskah akademiknya. Sehingga segera ada pra pembahasan di teman-teman DPR yang akan menjadi pengusul," kata Diah.

Baca Selanjutnya: Negara Harus Hadir Melindungi Korban...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami