PDIP Nilai Sindiran Jokowi ke Surya Paloh Ungkapan Isi Hati Soal Perubahan NasDem

POLITIK | 7 November 2019 14:59 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga menilai Presiden Joko Widodo bukan menyindir Ketua Umum Nasdem Surya Paloh terkait pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Eriko menilai, Jokowi memang sedang mencurahkan isi hatinya tentang kawan sekoalisi yang bertemu dengan PKS yang merupakan partai non-koalisi.

"Menurut kami ini hal yang memang beliau dalam periode kedua lebih bebas. Artinya lebih menyampaikan apa adanya apa isi hatinya," ujar Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11).

Dia menilai, Jokowi lebih terang-terangan karena periode kedua ini sudah tak miliki beban. Berbeda dengan periode pertama. Jokowi dinilai lebih banyak menahan perasaan di hadapan publik.

"Dulu kan masih mungkin sedikit banyak ditahan. Kalau sekarang apa yang mungkin tersirat di dalam hatinya itu dikeluarkan, mengenai hal apa yang dikehendaki beliau," kata Eriko.

1 dari 2 halaman

Jokowi Nilai NasDem Berubah

Dia melihat gestur Jokowi tengah merasakan ada perubahan kebersamaannya dengan NasDem. Penyebabnya, pertemuan Paloh dengan Sohibul sampai Jokowi sengaja membuat pernyataan yang bikin ramai.

"Tetapi kebersamaan ini, kok semacam ada perubahan, mungkin itu yang beliau ingin menyampaikan secara langsung," kata Eriko.

Menurutnya, Paloh harusnya bisa menjelaskan secara langsung apa maksud daripada pertemuan dengan Sohibul Iman tersebut. "Dan ini sebenernya bisa dijelaskan oleh Pak Surya Paloh. Sebenernya apakah yang beliau inginkan sebenernya," kata Eriko.

2 dari 2 halaman

Sindiran Jokowi ke Paloh

Presiden Jokowi secara halus menyindir Ketum NasDem Surya Paloh yang bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam ini lebih cerah dari biasanya sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS," ujar Jokowi, Rabu (6/11).

Jokowi menilai pertemuan antara Paloh dan Sohibul sangat cair. Dia sendiri tidak mengetahui arti dari pertemuan tersebut. "Wajahnya cerah setelah beliau berangkulan dengan pak Sohibul Iman, saya tidak tahu maknanya apa," ucap Jokowi.

Eks gubernur DKI Jakarta itu melihat, rangkulan Paloh kepada Sohibul harmonis. Dia pun mengaku belum pernah merasakan rangkulan Paloh. "Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya," selorohnya.

Jokowi pun menyebut bahwa berhak menyinggung soal itu lantaran NasDem berada dalam pemerintahan. "Saya berhak bertanya dong karena beliau masih berada di koalisi pemerintah," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
NasDem Nilai Sindiran Jokowi ke Paloh Gimmick Politik untuk Cairkan Suasana
Diundang ke Kongres NasDem, Ketum PDIP Megawati Belum Pastikan Kehadiran
PDIP Nilai Sindiran Jokowi Hanya Guyonan, Paloh Tak Merasa Diperingatkan
Disindir Soal Pertemuan Nasdem dan PKS, Paloh Sebut Jokowi Humoris
Jokowi Tanya Paloh Maksud Bertemu Presiden PKS Tetapi Tak Dijawab