PDIP Serahkan ke Jokowi dan Megawati Terkait Susunan Kabinet

POLITIK | 28 Juni 2019 08:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hampir sudah dipastikan akan menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024. Yang menjadi sorotan, yakni penyusunan kabinetnya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai partai yang dipandang menjadi pemimpin, dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK), menyadari akan pembahasan itu. Namun, hanya dua sosok yang dipercaya guna membahas siapa-siapa saja yang masuk dalam kabinet.

"Terkait di kabinet pun, demokrasi yang dibangun PDIP, menyerahkan kepada Ibu Megawati (Ketum PDIP) untuk membahas bersama dengan Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (28/6).

Dia menuturkan, dalam Rapat Kerja Nasional ke IV yang diadakan pekan sebelumnya, ada perintah dari Megawati untuk menyikapi kemenangan baik Jokowi-Ma'ruf dan partai dengan tidak melakukan euforia.

"Tetapi memandang sebagai sebuah tanggungjawab dan terus melakukan auto kritik, dan melakukan perbaikan ke dalam terlebih PDI Perjuangan menyiapkan kongres kelima yang akan dilaksanakan tanggal 8 Agustus," jelas Hasto.

Dia menuturkan, bahwa kemenangan partai berlambang banteng bermoncong putih itu di Pileg senafas dengan kemenangan Jokowi-Ma'ruf harus membawa kepentingan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan.

Karenanya, masih kata Hasto, mandat atau kepercayaan itu harus terus di jalan bersama Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Dimana, harus bisa memberikan masukan terbaik bagi Jokowi-Ma'ruf.

"Kami akan menggunakan mandat, untuk terus bersama dengan partai KIK, memberikan masukan terbaik kepada Jokowi-Ma'ruf," ungkap Hasto.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com

(mdk/eko)