PDIP Soal Hubungan Mega-Paloh: Tak Ada Perkawanan dan Permusuhan yang Abadi

POLITIK | 8 November 2019 16:22 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menegaskan tidak ada hubungan pertemanan yang abadi dalam dunia politik. Hal itu, ia katakan, saat merespons pertanyaan soal hubungan antara Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Ya kalau saya melihat hubungan antarpartai politik, tentu kita harus membaca hubungan antarkepentingan. Tidak ada perkawanan yang abadi dan permusuhan yang abadi, yang ada adalah kepentingan itu sendiri," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11).

Basarah menjelaskan dalam dunia politik setiap partai politik selalu menghitung kepentingan. Sehingga wajar jika dinamika politik selalu berubah.

"Saya kira dalam perspektif itu kita harus membaca segala macam dinamika dan aktifitas pimpinan-pimpinan parpol sebagai bagian dari satu dinamika politk yang wajar-wajar saja. Jangan dikaitkan di dalam hubungan yang bersifat personal," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Wajar dari Koalisi Jadi Berseberangan

Dalam politik, lanjutnya, wajar jika ada yang tadinya berkoalisi tetapi kemudian tidak berkoalisi. Semua partai harus menghormati keputusan partai lainnya.

"Jadi antara berpisah dan bertemunya grup ring dan re-group dalam satu hubungan partai politik harus kita baca sebagai satu dinamika yang normal dalam hubungan parpol dalam menjaga kepentingan partainya masing-masing," jelasnya.

Basarah kemudian mengungkit pertemuan antara Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Menurutnya, pertemuan itu bagian penjajakan NasDem untuk Pilpres 2024.

"Dan kami dari PDIP memegang teguh etika politik bahwa kita tidak boleh memasuki yurisdiksi organisasi parpol lain, karena masing punya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sendiri-sendiri, masing-masing punya kedaulatan untuk menentukan langkah-langkah politik apa yang akan diambil," ucapnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Sandiaga: Saya Kalau Bertemu Surya Paloh Suka Berpelukan
'Warning' NasDem soal Manuver Politik, Jokowi & PDIP Mulai Tak Nyaman?
NasDem: Kalau Jokowi Tak Berkenan, Pasti Diingatkan Sejak Awal
PDIP Nilai Sindiran Jokowi ke Surya Paloh Ungkapan Isi Hati Soal Perubahan NasDem
Diundang ke Kongres NasDem, Ketum PDIP Megawati Belum Pastikan Kehadiran
NasDem Nilai Sindiran Jokowi ke Paloh Gimmick Politik untuk Cairkan Suasana